Header Menu

Resep Ayam Goreng Lengkuas yang Gurih dan Cara Memasaknya

author photo Desember 25, 2023

 Resep Ayam Goreng Lengkuas yang Gurih dan Cara Memasaknya.

 Penjelasan tentang apa itu ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas adalah sebuah hidangan ayam goreng yang menggunakan bumbu lengkuas sebagai bahan utama dalam proses pengolahannya. Lengkuas sendiri merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Proses pembuatan ayam goreng lengkuas dimulai dengan merendam potongan ayam dalam campuran bumbu yang terdiri dari lengkuas yang dihaluskan, bawang putih, bawang merah, ketumbar, kunyit, garam, dan merica. Rendaman ini bertujuan agar daging ayam dapat meresap dengan baik bumbu lengkuas sebelum digoreng.

Resep ayam goreng lengkuas

Setelah direndam, ayam kemudian digoreng hingga matang dan berwarna kecoklatan. Ayam goreng lengkuas ini memiliki cita rasa yang khas, di mana aroma lengkuas memberikan kesegaran dan keharuman yang khas pada ayam. Selain itu, bumbu lengkuas juga memberikan rasa pedas dan sedikit kecut pada hidangan ini.

Ayam goreng lengkuas ini dapat disajikan sebagai hidangan utama dalam menu makan sehari-hari atau sebagai hidangan istimewa dalam acara-acara tertentu. Biasanya hidangan ini disajikan dengan nasi putih dan sambal sebagai pelengkapnya. Ayam goreng lengkuas dapat dinikmati dengan cara disantap langsung atau dibungkus dalam daun pisang untuk memberikan aroma dan kelembutan pada ayam.

Dalam kesehatan, lengkuas juga dikenal memiliki beberapa manfaat seperti membantu mengatasi masalah pencernaan, meningkatkan nafsu makan, dan meredakan peradangan. Namun, konsumsi ayam goreng lengkuas sebaiknya tetap dijaga dalam jumlah yang seimbang, mengingat proses penggorengan dapat menambah kalori dan lemak pada hidangan ini.

Resep ayam goreng lengkuas dan cara memasaknya

Ayam goreng lengkuas adalah hidangan yang lezat dan aromatik. Lengkuas, juga dikenal sebagai laos atau galangal, memberikan rasa pedas dan harum pada ayam goreng ini.

Berikut adalah panduan tentang resep ayam goreng lengkuas beserta cara memasaknya.

Bahan-bahan:

1.1 ekor ayam, potong menjadi bagian-bagian sesuai selera.

2.2 batang serai, memarkan.

3.3 cm lengkuas, memarkan.

4.5 lembar daun jeruk, sobek-sobek.

5.3 sendok makan kecap manis.

6.2 sendok makan minyak goreng.

7. Garam secukupnya.

Bumbu halus:

1.5 siung bawang putih.

2.6 butir bawang merah.

3.5 buah cabai merah (sesuai selera).

Cara memasak:

1. Pertama, haluskan semua bumbu halus menggunakan blender atau ulekan sampai halus dan tercampur rata.

2. Panaskan minyak goreng dalam wajan besar di atas api sedang. Tambahkan bumbu halus yang sudah dihaluskan dan tumis hingga harum.

3. Setelah itu, masukkan ayam yang sudah dipotong ke dalam wajan dan aduk rata dengan bumbu halus.

4. Tambahkan serai, lengkuas, dan daun jeruk ke dalam wajan. Aduk kembali hingga bumbu meresap pada ayam.

5. Tuangkan kecap manis dan tambahkan garam secukupnya sesuai dengan selera. Aduk rata dan biarkan ayam matang hingga berwarna kecokelatan dan renyah.

6. Setelah ayam matang, angkat dan tiriskan dari minyak.

7. Ayam goreng lengkuas siap disajikan. Anda bisa menyajikannya dengan nasi putih hangat dan lalapan segar.

Selamat mencoba!

 

This post have 0 Comments

Terima kasih kunjungannya, silahkan beri komentar ...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement