-->

Header Menu

Tanda-tanda Kematian Sudah Dekat Bisa Dilihat dari Sisi Fisiknya

author photo 23.8.22
Warta Batavia - Tanda-tanda Kematian Sudah Dekat Bisa Dilihat dari ciri-ciri Fisiknya. Memang benar bahwa jodoh, rezeki, dan umur adalah perkara rahasia Allah sang Maha Kasih. 

Lebih khusus soal umur, manusia perlu menyiapkan diri mengumpulkan amalan yang terbaik berupa amal-amal Solih sebelum ajal menjemput, karena sebenarnya kematian tidak memiliki tanda-tanda yang pasti. Cepat ataupun lambat pasti menjemput siapapun yang masih hidup.

Ditinjau secara sains, seseorang yang mendekati kematian bisa dijelaskan secara ilmiah.

Menurut para ahli medis menyebutkan tanda-tanda kematian sudah dekat yang harus diwaspadai ketika seseorang sedang sekarat, terlebih saat sakit parah. Mereka mengklaim bahwa tanda-tanda itu bisa dilihat beberapa bulan sebelumnya.

Merujuk pada laporan WebMD yang dibshas Dr Carol DeSarkissian, ada tanda-tanda kematian sudah dekat yang terlihat saat seseorang sakit berat. Beberapa tanda itu termasuk hal-hal yang sederhana, apa sajakah itu?

Tanda-tanda Kematian Sudah Dekat Bisa Dilihat dari ciri-ciri Fisiknya. Memang benar bahwa jodoh, rezeki, dan umur adalah sebuah rahasia Sang Maha Kuasa. Terutama umur, manusia perlu menyiapkan diri mengumpulkan amalan yang terbaik berupa amal-amal Solih sebelum ajal menjemput, karena sebenarnya kematian tidak memiliki tanda-tanda yang pasti.



1. Nafsu makan menurun

Penurunan nafsu makan bisa jadi merupakan tanda-tanda kematian karena tubuh seseorang yang akan meninggal menjadi kurang aktif. Orang yang akan meninggal cenderung berhenti makan atau minum secara drastis karena nafsu makannya perlahan-lahan menghilang.

Bila ini terjadi pada orang terdekat, maka biarkan ia makan ketika ia merasa lapar. Sebab ia mungkin akan benar-benar berhenti makan beberapa hari sebelum ia meninggal. Ketika ini terjadi, sebaiknya usapkan bibirnya dengan lip balm untuk menjaga bibir tetap lembab, sehingga ia tetap merasa nyaman.


2. Lebih sering tertidur

Bila seseorang akan meninggal, dalam dua atau tiga bulan sebelumnya mungkin ia akan menghabiskan banyak waktunya dengan tertidur. Kurangnya kesadaran ini karena metabolisme tubuh seseorang yang akan meninggal menjadi lebih lemah. Tanpa energi metabolisme, seseorang cenderung akan lebih banyak tidur dibandingkan terjaga.


3. Tidak nyaman bertemu orang lain sehingga jadi kurang bersosialisasi

Ketika seseorang akan meninggal, umumnya energi yang dimilikinya menjadi berkurang sehingga ia cenderung menghindari menghabiskan waktu bersama orang lain.

Bila ini terjadi, janganlah tersinggung. Ini merupakan hal lazim bagi seseorang yang akan meninggal atau sakit parah karena ia merasa tidak nyaman bertemu dengan orang lain saat dirinya terlihat sangat lemah. Sebaiknya, aturlah waktu kunjungan ketika ingin bertemu dengannya.


4. Organ-organ vital berubah

Tanda-tanda vital berubah juga termasuk ke dalam tanda-tanda kematian. Tanda-tanda ini dimulai dari penurunan tekanan darah, perubahan napas, detak jantung menjadi tidak teratur dan sulit dideteksi, hingga urine berubah warna menjadi coklat. Warna urine yang berubah ini merupakan tanda dari ginjal yang sudah tidak lagi berfungsi.


5. Jarang ke toilet

Jarang ke toilet juga bisa menjadi tanda-tanda kematian sudah dekat pada seseorang. Biasanya, orang yang sekarat tidak ada nafsu makan dan minum sehingga proses pencernaan mereka menjadi berkurang. Ini mengakibakan kebiasaan buang air besar maupun air kecil juga jadi berkurang.


6. Otot menadi lemah

Kondisi kesehatan ini juga bisa menjadi tanda-tanda kematian sudah dekat pada seseorang. Otot-otot manusia sangat mungkin menjadi lemah ketika menjelang hari-hari seseorang akan dijemput kematian. Ini menyebabkan orang tidak ada kekuatan untuk melakukan aktivitas apapun.


7. Suhu tubuh menurun

Penurunan suhu tubuh menjadi tanda berkurangnya peredaran darah dalam tubuh. Ini biasa terjadi sebelum seseorang meninggal. Sirkulasi darah seseorang berkurang sehingga darah terfokus pada organ-organ internal saja, yang menyebabkan aliran darah menjadi sedikit untuk bisa dialirkan ke tangan dan kaki mereka.


This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement