Ini Niat Sholat Dhuha dan Doa Sholat Dhuha

Warta Batavia - PENTING! Inilah penjelasan soal Niat Sholat Dhuha dan Doa Sholat Dhuha. Bacaan Niat holat Dhuha dan Doa Sholat Dhuha dengan tulisan Latin beserta Artinya.

Sholat dhuha adalah sholat sunnah yang dilakukan di waktu dhuha, yaitu sholat di waktu pagi sejak mulai matahari terbit seukuran 1 tombak atau tujuh hasta (2,5 meter) hingga waktu zawâl yaitu kira-kira waktu adzan dhuhur.

Penting bagi kita untuk mengetahui hukum sholat dhuha, dalilnya, niat sholat dhuha hingga tata cara dan doa sholat dhuha Seperi akan dijelaskan berikut ini.


PENTING! Inilah penjelasan soal Niat Sholat Dhuha dan Doa Sholat Dhuha. Bacaan Niat holat Dhuha dan Doa Sholat Dhuha dengan tulisan Latin beserta Artinya


Niat Sholat Dhuha dan Doa Shalat Duha 


Sholat dhuha hukumnya sunnah muakkadah dan ada banyak keutamaannya. Keutamaan atau keistimewaan sholat Dhuha akan di jelaskan di bawah.

Sholat Dhuha dikerjakan mulai 2 hingga 12 rakaat. Diawali dengan niat di dalam hati bersamaan takbîratul Ihrâm. 

Niat shalat Dhuha: "Ushallî sunnatad dhahâ rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ."

Artinya, “Saya niat shalat sunnah Dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala.”

 Selanjutnya melaksanakan sholat sebagaimana umumnya sampai salam setelah melakukan dua rakaat yang dilanjutkan dengan membaca doa.

Doa sholat dhuha pertama:  "Allâhumma innad dlahâ’a dlahâ’uka, wal bahâ’a bahâ’uka, wal jamâla jamâluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ishmata ishmatuka. Allâhuma in kâna rizqî fis samâ’i fa anzilhu, wa inkâna fil ardhi fa akhrijhu, wa inkâna mu’siran (mu‘assaran) fa yassirhu, wa in kâna harâman fa thahhirhu, wa inkâna ba‘îdan fa qarribhu, bi haqqi dlahâ’ika wa bahâ’ika wa jamâlika wa quwwatika wa qudratika, âtinî mâ atayta ‘ibâdakas shâlihîn."   

Artinya: “Wahai Tuhanku, sungguh dhuha ini adalah dhuha-Mu, keagungan ini adalah keagungan-Mu, keindahan ini adalah keindahan-Mu, kekuatan ini adalah kekuatan-Mu, dan penjagaan ini adalah penjagaan-Mu. Wahai Tuhanku, jika rejekiku berada di atas langit, maka turunkanlah; jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah; jika dipersulit, mudahkanlah; jika (tercampur tanpa sengaja dengan yang) haram, sucikanlah; jika jauh, dekatkanlah; dengan hak dhuha, keelokan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, datangkanlah kepadaku apa yang Engkau datangkan kepada para hamba-Mu yang saleh.”  

Doa sholat dhuha kedua: "Allâhumma bika ushâwilu, wa bika uhâwilu, wa bika uqâtilu."Artinya: “Dengan-Mu, aku menerjang. Dengan-Mu, aku berupaya. Dengan-Mu, aku berjuang.”

Doa sholat dhuha ketiga, dibaca sebanyak 40 atau 100 kali: "Rabbighfir lî, warhamnî, wa tub ‘alayya, innaka antat tawwâbur rahîm. 
Artinya: “Tuhanku, ampunilah aku. Kasihanilah aku. Terimalah tobatku. Sungguh, Engkau Maha Penerima Tobat dan Maha Penyayang.” 
(Ad-Dimyathi, Hâsyiyyah I’ânatut Thâlibîn, juz I, hal. 255).


Keutamaan Sholat Dhuha


Merujuk dari NU Online, sholat dhuha hukumnya sunnah muakkadah dan ada banyak keutamaannya. Beberapa di antaranya seperti yang disebutkan di bawah ini:

1. Setiap dua rakaat sholat Dhuha memiliki keutamaan atau keistimewaan tersendiri

Diriwayatkan dari Ismail bin Ubaidillah, dari Abdullah bin Amr, ia berkata: ‘Aku bertemu dengan Abu Dzar radliyallahu ‘anh, lalu berkata: ‘Wahai Paman, beritahukanlah diriku pada suatu kebaikan.’ Lalu ia menjawab: ‘Aku bertanya kepada Rasulullah SAW sebagaimana Kamu bertanya kepadaku. Lalu beliau bersabda: ‘Bila Kamu shalat Dhuha dua rakaat maka tidak akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang lalai; bila Kamu shalat Dhuha empat rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang berbuat baik; bila Kamu shalat Dhuha enam rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang taat; bila Kamu shalat Dhuha delapan rakaat maka akan dicatat sebagai bagian dari kaum yang beruntung; bila Kamu shalat Dhuha 10 rakaat maka pada hari itu tidak akan dicatatkan dosa bagimu; dan bila Kamu shalat Dhuha 12 rakaat maka akan dibangunkan untukmu sebuah rumah di surga’,” (HR al-Baihaqi).


2. Sholat Dhuha Adalah Sholat Kaum Awwabin, yaitu orang-orang yang bertaubat

Sholat Dhuha Biasa Dilakukan kaum awwabin, yaitu orang-orang yang bertaubat kepada Allah. Jika Anda kepingin seperti kau Awwabin maka lakukanlah sholat Dhuha secara istiqamah.

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anh, ia berkata: ‘Rasulullah SAW bersabda: ‘Tidak ada yang menjaga shalat Dhuha kecuali orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat.’ Rasulullah bersabda: ‘Shalat Dhuha adalah shalat orang-orang yang kembali kepada Allah dengan bertaubat’,” (HR al-Hakim dan ia berkata: “Ini hadis shahih sesuai syarat Imam Muslim).

3. Sholat Dhuha Menjadi Sedekah Semua Tulang Pelakunya

“Diriwayatkan dari Abu Dzar radliyallahu ‘anh, dari Nabi, beliau bersabda: ‘Ada sedekah (yang hendaknya dilakukan) atas seluruh tulang salah seorang dari kalian. Karena itu setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, amar ma’ruf adalah sedekah, nahi munkar adalah sedekah, dan dua rakaat shalat Dhuha mencukupi semuanya itu’,” (HR Muslim).

Demikian penjelasan tentang niat sholat dhuha dan doa sholat dhuha juga keutamaan sholat dhuha. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan dapat dipraktikkan.

Posting Komentar untuk "Ini Niat Sholat Dhuha dan Doa Sholat Dhuha"