Ganjar Pranowo Elektabilitas Tinggi, Adakah Parpol yang Mengusung Jadi Capres 2024?

Warta Batavia - Seperti diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo tertinggi, Zulhas dari PAN mengatakan dengan mengutip pernyataan Presiden Jokowi. Bahwa Pak Presiden Bilang, walau Hasil Survei Tinggi, yang Usung Capres Tetap Parpol.

Pertanyaannya adakah nanti Parpol parpol yang akan mengusungnya? Tentu ini masih menjadi misteri sampai hari ini.

Seperti diketahui, elektabilitas Ganjar Pranowo tertinggi, Zulhas dari PAN mengatakan dengan mengutip pernyataan Presiden Jokowi. Bahwa Pak Presiden Bilang, walau Hasil Survei Tinggi, yang Usung Capres Tetap Parpol.  Pertanyaannya adakah nanti Parpol parpol yang akan mengusungnya? Tentu ini masih menjadi misteri sampai hari ini.



Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengatakan, penentuan seseorang dapat maju sebagai calon presiden (capres) tetap berada di tangan partai politik.

Zulhas mengatakan hal itu ketika menutup rapat kerja nasional (rakernas) PAN di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

“Memang kalau (hasil) survei-survei, urutan kesatu itu Pak Ganjar, kedua, Pak Anies,” ujar Zulhas.

“Tapi Pak Presiden bilang, walau survei tinggi, yang ngusung (jadi capres) partai politik dan gabungan partai politik, keputusan ada di partai politik atau gabungan partai politik,” kata Zulkifli Hasan.

Capres usulan Dewan Pimpinan Wilayah PAN


Adapun rakernas PAN memiliki agenda mendengarkan usulan capres dari 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diusulkan sebagai capres dari klaster kepala daerah, bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir juga diusulkan untuk menjadi capres yang diusung PAN.

Selain para tokoh itu, Zulhas mengungkapkan, para ketua umum dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) juga diusulkan.

“Satu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, kader pasti inginnya ketua umumnya. KIB itu ada tiga (partai). Yang kedua, beberapa DPW (mengusulkan) Pak Airlangga Hartarto untuk (jadi) calon presiden,” ungkap dia.

Suharso Monoarfa diusulkan jadi capres


Lalu, kader PAN di wilayah juga mendorong Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa sebagai capres.

“Satu lagi pimpinan PDI-P Ibu Puan Maharani,” lanjut Zulhas.

Sebelumnya, Jokowi kembali meminta relawannya tak terburu-buru memberi dukungan kepada figur tertentu untuk menjadi capres.

Sebab, belum tentu figur dengan elektabilitas tinggi mendapatkan tiket dari parpol.

Pasalnya, berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017, pasangan calon (paslon) capres-cawapres tak bisa mengajukan dirinya sendiri, tapi harus diusung oleh parpol.

“Oleh sebab itu, sekali lagi, ojo kesusu. Tidak usah tergesa-gesa,” ungkap Jokowi di acara Rapimnas Bravo Lima, Jumat (26/8/2022).


Posting Komentar untuk "Ganjar Pranowo Elektabilitas Tinggi, Adakah Parpol yang Mengusung Jadi Capres 2024?"