-->

Type something and hit enter

By On
Delegasi perdamaian RI dipimpin KH Yahya Cholil Staqut foto bareng di Vatikan. Foto: Ngopibareng.id.
Warta Sunda - Katib Am PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) melaksanakan misi spesial ke Vatikan. Gus Yahya berjumpa Paus Fransiskus dan menyampaikan keinginan untuk menggelar perjumpaan antar pemimpin agama-agama dunia di Indonesia.

"Untuk Paus saya menyampaikan keinginan untuk menyelenggarakan perjumpaan tokoh-tokoh agama se dunia bareng Paus di Indonesia," ucap Gus Yahya di Vatikan, Rabu (25/09/2019).

KH Staquf diterima Sekretaris Pontifical Council for Interreligious Dialogue (PCID) Mons. Indunil J. Kodithuwakku K dan Romo Markus. Yang disebut terakhir ialah pejabat PCID asal Flores Indonesia yang telah di Vatikan semenjak 12 tahun lalu. Markus dalam tiap-tiap Lawatan ke Indonesia juga senantiasa mengunjungi ke PBNU.

Gus Yahya didampingi Uskup Agung Pontianak Monsinyur Agustinus Agus dan Sekretaris Jend. DPP REI Paulus Totok Lusida. Juga Ketum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas, member DPD Terpilih dari Jogjakarta Gus Hilmy Muhammad, Habib Hilal Al Aidid, dan sejumlah pengurs PP GP Ansor. Turut juga sejumlah Romo Katolik yang mendampingi Mons. Agustinus Agus.

Kecuali menyampaikan keinginan menggelar perjumpaan figur publik agama dunia di Indonesia, Gus Yahya menyerahkan dokumen hasil Musyawarah Nasional (Munas) Ulama NU di Banjar, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. Dokumen itu di antaranya berisi keputusan NU dalam rangka menciptakan kehidupan yang harmoni antar pemeluk agama.

"Hasil Munas NU itu sejalan dengan Dokumen Brothership Dunia yang sudah diteken Pais Fransiskus dan Grand Syech Al Azhar di Abu Dubi. Sama dengan NU, dokumen itu sama-sama berasal dari spirit menciptakan dunia yang lebih damai," kata Staquf.

Lawatan PBNU ke Vatikan ini memperoleh apresiasi full dari PCID. Karena, di mata mereka, NU bukan sahabat baru bagi Vatikan. Namun Adalah sahabat lama yang sudah bekerja bareng semenjak Gus Dur (KH Abdurahman Wahid, red) jadi Ketum PBNU.

"Nyaris 1 dekade, baru Pak KH Yahya Cholil Staquf yang Hadir ke Vatikan. Sebab itu, kami amat mengapresiasi inisiatif beliau supaya dapat membangun relasi yang lebih baik ke depan," kata Markus yang telah lama jadi bagian pejabat di Vatikan ini.

sebelum ini, pada 10 Juni 2018, Gus Yahya jadi pembicara dalam forum dialog yang diprakarsai oleh America Jewish Commitee (AJC) di Tel Aviv, Israel. Kehadiran Gus Yahya ke Israel untuk mencari jalan penyelesaian dari sejumlah permasalahan yang melibatkan Israel khususnya problem yang terjadi di Palestina. [Warta Sunda/pin]

Penjelasan: Disadur dan diedit dari Ngopibareng.id dengan judul asli 'Ke Vatikan, Katib Am PBNU Ajak Paus Gelar Temu Figur publik Agama Dunia'.











Source link

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...

Click to comment