Kakek Habib Umar bin Hafidz Dari Bondowoso Mempunyai Sifat Khumul

al habib salim bin umar bin hafidz
Kakek habib umar bin hafidz dari bondowoso. Foto: istimewa

"Habib Salim bin Hafidz bin Syaikh Abu Bakar bin Salim." Yang mempunyai nasab رحمه الله‎ .

Warta Batavia - Al Habib Salim bin Hafidz bin ‘Abdullah bin Abi Bakar bin Aydrus bin Umar bin Aydrus bin Umar bin Abi Bakar bin Aydrus bin al-Hussin ibn Maula inat Fakhrul Wujud Syaikh Abi Bakar bin Salim bin Abdullah bin Abdurrahman bin ‘Abdullah bin Imam Abdurrahman al-Saqqaf (ke-1 keluar fam Assegaf) bin Muhammad Maula al-Dawilah bin ‘Ali bin ‘Alawi al Ghuyyur bin al-Faqih al-Muqaddam Muhammad bin ‘Ali bin Muhammad Shahib al-Mirbath bin ‘Ali Khali’ Qasam bin ‘Alawi bin Muhammad bin ‘Alawi bin ‘Ubaidullah bin Ahmad al-Muhajir ilallah bin ‘Isa al-Rumi bin Muhammad al-Naqib bin ‘Ali al-Uraidhi bin Ja’far al-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin ‘Ali Zainal ‘Abidin bin Hussin al-Sibth putera ke Sayyidina ‘Ali bin Abi Thalib dan Sayyidah Fathimah al-Zahra’ binti Nabi Saw.

Habib Salim Rahimahullah‎, ialah Adalah datuk ke Guru Mulia al-Habib Umar bin Muhammad bin Salim bin Hafidz.

Beliau lahir di Bondowoso, Pulau Jawa pada 25 Syawwal 1288 H bersamaan 6 Januari 1872 M. Lalu Beliau dibawa ayahandanya balik ke kota Misythah, Hadhramaut pada 15 Shafar 1297 H (27 Januari 1880 M).

Baca;  Habib Umar bin Hafidz di Mata Syeikh Hariri (Wali Tanpa Jantung)

Waktu itu beliau berumur kira-kira 8 tahun. Menerima didikan awal daripada ayahnya dan beberapa ulama di Kota Misythah antaranya dengan Mu’allim ‘Abud bin Sa’id Basyu’aib dari kampung al-Suwairi Rahimahullah dan Mu’allim ‘Abdullah bin Hasan Basyu’aib Rahimahullah‎.

Pada 1304 H, Habib Salim Rahimahullah‎ berangkat ke Kota Tarim al-Ghanna untuk menuntut ilmu. Di kota yang berkat ini, beliau menimba pengetahuan agama daripada para ulama
di sana antaranya Mu’allim ‘Abdullah bin Ahmad Bagharib Rahimahullah‎, Habib ‘Abdur Rahman bin Muhammad al-Masyhur Rahimahullah‎ dan lain-lain ulama.

Beliau mengerjakan haji pada tahun 1320 H (1903 M). Dan Peluang ini juga beliau gunakan untuk berjumpa dengan sejumlah ulama dan orang-orang sholeh untuk mengambil ilmu dan ijazah daripada mereka. Kecuali itu, beliau Ikut menggelar perjalanan sama ada untuk mendalami ilmunya juga untuk menyebarkan ilmu dan dakwah ke Seiwun, Dau’an (1349 H),
Al-Haramain (1355 H, & 1357 H), Zanzibar (1358 H), Mombasa (1358 H),
India (1357 H) dan tidak ketinggalan tanah kelahirannya, Pulau Jawa (1356 H & 1357 H).

Di negeri-negeri yang dikunjunginya, beliau tidak melepaskan Kesempatan untuk menggelar
perjumpaan dan menjalinkan hubungan dengan para ulama dan awliya’ yang menetap di sana.
Hasil perjumpaan dan hubungan ini, baik berupa wasiat, nasihat dan ijazah beliau kumpulkan dalam 1 catatan yang dinamakannya “Minhah al-Ilah fil ittishal bi ba’dhi awliya”, yang mana didalamnya tercatat sejumlah 149 orang ulama yang beliau berjumpa dan mengambil pelbagai sanad dari mereka.


Al Habib Salim bin Umar bin Hafidz



Didalam kitab tersebut juga beliau bawakan sanad kitab Shohih al-Bukhari dan Shohih Muslim melalui jalur Sadah ‘Alawiyyah.

Habib Salim terkenal selaku seorang ulama yang bersifat khumul yang tidak suka namanya dikenali orang. Apa yang penting bagi dia ialah keridhaan Allah SWT, dan bukannya penghargaan manusia. Di akhir usianya, sifat khumul ini makin terserlah bila beliau selalu berusaha bersungguh-sungguh untuk menyembunyikan dirinya dalam majlis-majlis umum
dengan duduk di shaf yang paling belakang.

Beginilah sikap beliau sehingga beliau dipanggil pulang ke rahmatullah. Beliau mula mengalami sakit pada malam Sabtu 22 Rajab 1378 H dan wafat malam Sabtu 29 Rajab tahun 1378 H di Kota Misythoh dan dimakamkan disana. Walaupun beliau tidak meninggalkan karya ilmiyyah yang banyak, tetapi perjuangannya diteruskan zuriatnya antaranya oleh anaknya Habib Muhammad bin Salim dan sekarang teruskan pula oleh cucu-cucunya Habib ‘Umar bin Muhammad dan Habib ‘Ali Masyhur bin Muhammad (ketua Majlis Fatwa Tarim).

Baca: Pandangan Habib Umar bin Hafidz Soal Khilafah

Popularitas dan kebesarannya tidak Penting diragukan lagi, santri dan muridnya sudah tersebar di nusantaraa, sekarang Habib Salim tersenyum melihatnya. Semoga berguna. Amin. [dutaislam/ka]

Posting Komentar untuk "Kakek Habib Umar bin Hafidz Dari Bondowoso Mempunyai Sifat Khumul"