-->

Header Menu

INFO MOBIL TOYOTA : Inilah 5 Sebab Mobil Terbakar Di Jalan

author photo 23.10.16
https://goo.gl/yMIUsu
Berkendara dengan mobil memang menyenangkan, karena bisa berteduh dari terik matahari dan derasnya hujan. Tapi jadi gawat ketika tiba-tiba muncul percikan api di mobil. Lalu apa saja yang menyebabkan mobil bisa terbakar. Dan inilah 5 sebab mobil terbakar di jalan.
Pasti jadi menyeramkan jika mobil Anda mengalami kebakaran, seperti beberapa peristiwa kebakaran mobil yang terjadi belakangan ini. “Paling banyak terjadi ya, karena konsleting listrik di mobil dan beberapa hal lainnya juga bisa menimbulkan kebakaran di mobil,” ungkap Iwan Abdurrahman, Kepala Bengkel Toyota Astra Motor (TAM) Sunter.
Kabel Tambahan
Dirinya pun menuturkan selama ini kebanyakan terjadi disebabkan pemasangan kabel tambahan pada modifikasi yang penyambungannya kurang baik. “Sebaiknya lebih teliti lagi saat menyambung kabel tambahan saat memodifikasi atau memperbaiki kabel yang terputus agar tidak terjadi konsleting,” imbuhnya. Selain sambungan kabel, besar kabel atau tipe kabel, serta kabel paralel yang bertumpuk berpotensi menyebabkan kebakaran.
Kebocoran Oli dan Bensin
Oli dan bensin yang bocor kemudian menetes ke knalpot, dapat berisiko menimbulkan percikan api dan menjadi titik awal terjadinya kebakaran. “Seal oli mesin bocor kemudian menetes ke knalpot serta selang bensin bocor dan nyembur ke knalpot,” ucap Iwan. Dirinya pun menambahkan kedua hal ini umumnya jadi penyebab utama setelah konsleting, bahkan kain atau kertas yang menempel di knalpot dapat memicu terjadinya kebakaran.
Terminal Aki Kendor
Selain itu, terminal aki yang longgar memicu terjadinya konsleting dan akhirnya menimbulkan percikan api. Pria yang akrab disapa Kang Iwan ini mengatakan,“Dari percikan api tersebut kemudian membakar kabel, dimana pembungkusnya menggunakan material yang mudah terbakar. Sehingga timbullah api yang bisa membakar mobil.”
Cairan Pendingin Mesin
Tak hanya itu, pendingin mesin juga bisa menjadi penyebab timbulnya kebakaran. Menurut Iwan, cairan pendingin mesin juga termasuk dalam material cair yang bisa terbakar meski membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, tak ada salahnya jika kita lebih mawas diri untuk menghindari terjadinya kebakaran.
Lampu Bohlam Tidak Sesuai Standar
Jangan salah, penggantian lampu bohlam yang tidak sesuai watt dengan standar yang telah ditentukan bisa memicu kebakaran pada mobil. “Bohlam dengan watt besar permukaannya cenderung lebih panas. Kemudian bohlam tersebut menempel ke mika lampu, meleleh dan akhirnya terbakar,” tutup Iwan.

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement