INFO MOBIL TOYOTA : Tips Cara Deteksi Dini Kerusakan Pada Mobil Matik

https://goo.gl/yMIUsu

Bagi para pecinta mobil matik pasti jadi masalah ketika mobil kesayangannya mengalami masalah. Adapun kerusakan yang sering dialami mobil matik dapat kita ketahui dengan beberapa gejala-gejala yang timbul. Berikut tips cara deteksi dini kerusakan pada mobil matik.


“Sebenarnya, mendeteksi kerusakan awal pada mobil matik bisa dilakukan sendiri, tanpa perlu ke bengkel. Karena yang paling kentara jika terjadi kerusakan biasanya ditandai dengan tarikan mobil menjadi berat, pindah gigi kasar, atau bensin jadi boros,” tutur Iwan Abdurrahman Kepala Bengkel Toyota TAM Sunter.


Tarikan Jadi Berat


Gejala tarikan mobil biasanya akan terasa berat saat di perjalanan bahkan terkesan mengentak-entak. Kerusakan ini memang sangat umum terjadi pada mobil matik dengan jenis transmisi elektrik . “Cobalah sambungkan engine scanner dengan soket OBD , dan Anda bisa melihat kerusakan langsung di monitor scanner,” ungkapnya.


Pindah Gigi Kasar


Cara mendeteksi selanjutnya adalah dengan merasakan getaran atau entakan selama perpindahan gigi apakah masih mulus atau tidak. “Jika yang muncul adalah entakan kasar saat memasukkan gigi, atau getaran saat mobil berjalan dapat dipastikan ada masalah pada transmisinya,” imbuhnya.


Biasanya, saat terdapat kerusakan pada mobil, perpindahan transmisi akan terganggu atau muncul bunyi aneh dari dalam transmisi. “Untuk jenis AT akan terasa mengayun saat transmisi normal,” ujarnya. 

Dirinya pun menuturkan bila masih matik konvensional , hal yang menyebabkan kerusakan paling umum adalah oli yang sudah aus dan kotor sehingga membuat tekanan oli tak mampu mengangkat perpindahan gigi pada RPM yang sesuai.


Bensin Jadi Boros


Jika mobil matik Anda jadi lebih boros, hal itu bisa jadi disebabkan oleh transmisi yang mengalami kerusakan. “Mesin mobil matik yang terkenal dengan putaran tinggi dan ketika transmisi bermasalah tentunya mesin akan bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan bensin jadi lebih boros,” papar Iwan.


Dirinya pun menyarankan untuk melakukan perawatan secara rutin agar mobil matik lebih awet dan berumur panjang. “Selain perawatan, cara lain agar mobil matik tetap awet tentunya dari cara mengemudi,” tutup Iwan.

Posting Komentar untuk "INFO MOBIL TOYOTA : Tips Cara Deteksi Dini Kerusakan Pada Mobil Matik"