Mengatasi MicroSD Galaxy J5 tidak terdeteksi

Ruang Penyimpanan data yang besar di gadget android tentunya menggoda beberapa pengguna untuk selalu mengisi space yang ada dengan berbagai data, entah itu data music, foto atau juga video. 


Ketiga data tersebut adalah data yang paling sering disimpan di smartphone. ada sedikit pengalaman yang masih berkaitan dengan penyimpanan data di smartphone kemarin.

Yaitu mengatasi problem samsung Galaxy J5 yang tidak dapat mendeteksi memori card ( eksternal memori microSD ).



Ada teman admin Dunia android yang mengeluhkan gadget kesayangannya yaitu samsung Galaxy J5 tidak bisa atau selalu gagal mendeteksi keberadaan memori yang ditancapkan. 

Walau sudah dicoba dengan beberapa memori dari ponsel pinjaman teman tetap tidak bisa juga terdeteksi oleh J5 milik teman saya tersebut.

memori microSD tidak terdeteksi di J5

Permasalahan tidak terdeteksi-nya kartu memori di galaxy J5 bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti :

1. Kartu memori memang rusak atau salah format. Disini saya mencoba melakukan pengecekan terhadap kartu memori android J5 teman saya di ponsel lain bahkan juga di komputer juga tidak ada masalah. 

Bahkan teman saya rela melakukan opsi pertama yang saya tawarkan yaitu melakukan formatting ualng kartu microSD agar kembali fresh. Namun opsi pertama ini tidak membuahkan hasil.

2. Kaki atau konektor slot kartu memori eksternal bermasalah. Setelah saya cek dengan seksama ternyata tidak ada masalah dengan berbagai konektor yang ada. 

Tidak ada yang patah atau tertekuk satupun dari konektor logam yang menghubungkan antara perngkat dengan kartu eksternal. 

Asumsi kedua saya memang tidak mengarah pada kerusakan hardware pada perangkat galaxy J5 milik teman saya tersebut. 

Untuk membongkarnya sebenarnya mudah, tapi dalam kondisi masih tersegel dan masih dalam masa garansi maka saya urungkan niat untuk melakukan pembongkaran terhadap J5 tersebut.


3. Ada sistem yang corrupt atau malfunction. mengatasi permasalahan sistem di android semisal samsung galaxy J5 milik teman saya sebenarnya bisa dilakukan dengan melakukan soft reset atau hard reset kalau diperlukan. 

Agar semua sistem kembali kedalam keadaan fresh seperti defaultnya. Namun lagi-lagi teman saya tidak menginginkan dilakukan reset terhadap galaxy J5-nya karena sudah terlanjur banyak data dan kata sandi yang tidak dia ingat di beberapa akun social media miliknya. 

Wah, jadi repot kalau seperti ini ( fikir admin ..hehe )

Dari permasalahan yang timbul di Galaxy J5 karena slot memori yang tidak dapat mendeteksi Kartu MicroSD diatas memang harus ada solusi yang harus dilakukan.

Apalagi sang pemilik gadget memang tidak memberikan opsi lain seperti melakukan reset atau flashing ulang untuk memastikan sistem bekerja normal kembali. 

Ada satu opsi yang admin tawarkan kepada pengguna J5 yang memang membutuhkan ruang penyimpanan tambahan karena slot memori tidak dapat terdeteksi oleh sistem. 

Admin menyarankan pada teman pemilik samsung Galasy J5 agar menggunakan opsi penyimpanan satu-satunya yang bisa digunakan yaitu melalui penyimpanan OTG ( on the Go ). 

Opsi melakukan penyimpanan dengan memanfaatkan flashdrive ( flashdisk) sebagai penyimpanan eksternal di galaxy J5 bisa dilakukan dengan mudah karena memang tipe galaxy ini support dengan sambungan OTG.

Akhirnya, dengan berbekal kabel OTG yang hanya seharga 10 ribuan maka sukses pula penambahan ruang penyimpanan dengan memanfaatkan flashdisk. 

Jadi tidak perlu bingung lagi bagi pengguna samsung galaxy J5 atau pemilik android tipe lainnya ( support OTG) yang bermasalah dengan ruang penyimpanan MicroSD.

Gunakan saja fasilitas sambungan OTG untuk melakukan hubungan antara smartphone dengan media penyimpanan Flashdisk, Lebih simple dan mudah untuk di pasang-copot.

Posting Komentar untuk "Mengatasi MicroSD Galaxy J5 tidak terdeteksi"