Ini Niat Sholat Tahajud dan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap

Warta Batavia - Sholat tahajud punya banyak Fadhilah atau keutamaan, salah satunya adalah dapat mencegah perbuatan dosa sehingga pelakunya dicintai Allah. Sholat Tahajud biasa dilakukan untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sholat tahajud syaratnya dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Dan sebelum tidur harus sudah menjalankan sholat Isya terlebih dulu.

Mengutip dari buku Shalat Tahajud dalam Al-Quran (Manfaat Shalat Tahajud bagi Kesehatan Mental) oleh Muhafizah el-Feyza, kata tahajjud berasal dari kata "hujud" yang berarti tidur. Menurut Al-Biqa'i sebagaimana dijelaskan Habib Muhammad Quraish Shihab dalam tafsir Al-Misbah bahwa tahajud adalah meninggalkan tidur dan menunaikan sholat.

Sholat tahajud syaratnya dilakukan pada waktu malam setelah tidur. Dan sebelum tidur harus sudah menjalankan sholat Isya terlebih dulu.



Nama lain dari sholat tahajud ialah sholat lail atau sholat malam, ini karena dilakukan dalam waktu yang sama dengan waktu oang-orang sedang tidur. 

Muhafizah dalam bukunya tersebut menjelaskan, bilangan rakaat sholat tahajud tidak dibatasi. Rasulullah SAW mendirikannya dengan jumlah rakaat yang beragam, mulai dua rakaat sampai dua belas rakaat.

Malam hari pada waktu sholat tahajud ini yakni sepertiga malam sampai waktu menjelang subuh. Sepertiga malam yang dimaksud yakni sekitar pukul 01.00 sampai sebelum subuh. Melakukan sholat tahajud dan memanjatkan doa setelah sholat Tahajud maka keinginan akan diijabah Allah SWT. Karena waktu sepertiga malam merupakan waktu diijabahnya doa.

Berdoa setelah sholat Tahajud itu sangat baik dilakukan, mintalah kepa Allah apa yang kita inginkan.

Rasulullah SAW bersabda:

"Seorang hamba berada paling dekat dengan Rabb-Nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu." (HR. Muslim).

Keutamaan dalam melakukan sholat tahajud juga tercantum dalam Al-Qur'an. Sebagaimana Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 79:

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Arab-Latin: Wa minal-laili fa taḥajjad bihī nāfilatal laka 'asā ay yab'aṡaka rabbuka maqāmam maḥmụdā

Artinya: "Dan pada sebahagian malam hari lakukanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra:79).

Keutamaan sholat tahajud juga disebutkan dalam hadits berikut ini:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ يَرْفَعُهُ. قَالَ: سُئِلَ أَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ بَعْدَ الْمَكْتُوبَةِ وأَيُّ الصِّيَامِ أَفْضَلُ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ؟ فَقَالَ: أَفْضَلُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ الْمَكْتُوبَةِ الصَّلاَةُ فِيْ جَوْفِ اللَّيْلِ وَأَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ شَهْرِ رَمَضَانَ صِيَامُ شَهْرِ اللهِ الْمُحَرَّمِ . (رواه مسلم)

Artinya, "Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra, dan ia marfu'kan kepada Nabi Muhammad SAW, ia berkata: 'Nabi Muhammad ditanya sholat apa yang paling utama setelah shalat Maktubah dan puasa apa yang paling utama setelah puasa bulan Ramadhan?' Lalu Nabi ﷺ menjawab: 'Shalat paling utama setelah shalat Maktubah adalah shalat di tengah malam dan puasa paling utama setelah puasa bulan Ramadhan adalah puasa bulan Allah, Muharam'," (HR Muslim).

Cara melakukan sholat tahajud secara umum sama dengan sholat fardhu. Bacaan sholat tahajud, sepanjang yang diketahui tidak ada bacaan khusus. Setelah membaca Al-Fatihah, kita bisa membaca surat Al-Qur'an yang sudah kamu hafal.

Rasulullah SAW mengerjakan sholat tahajud dengan membaca surat pendek. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits, dari Aisyah ra. ia berkata, "Apabila bangun pada malam hari, Rasulullah SAW memulai sholat malamnya dengan mengerjakan sholat yang ringan, yaitu dengan bacaan surat yang pendek." (HR. Muslim dan At-Tirmidzi).

Dalam buku berjudul 'Dahsyatnya TAHAJUD, SUBUH & DHUHA: Keberkahan Bangun Pagi' oleh Adnan Tarsyah disebutkan doa setelah sholat tahajud.


Niat Sholat Tahajud dan Doa Setelah Sholat Tahajud


Bacaan niat sholat tahajud 2 rakaat


اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Arab-latin: "Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'alla."
Artinya: "Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Doa Setelah Sholat Tahajud


Adapun doa setelah melaksanakan sholat tahajud adalah sebagai berikut:

Dalam buku berjudul 'Dahsyatnya TAHAJUD, SUBUH & DHUHA: Keberkahan Bangun Pagi' oleh Adnan Tarsyah disebutkan doa setelah sholat tahajud.


اَللّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ نُوْرُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ قَيِّمُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ رَبُّ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ لَكَ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ مَلِكُ السَّمَاوَاتِ وَاْلأَرْضِ، وَلَكَ الْحَمْدُ، أَنْتَ الْحَقُّ، وَوَعْدُكَ الْحَقُّ، وَقَوْلُكَ الْحَقُّ، وَلِقَاؤُكَ الْحَقُّ، وَالْجَنَّةُ حَقٌّ، وَالنَّارُ حَقٌّ، وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ، وَمُحَمَّدٌ حَقٌّ، وَالسَّاعَةُ حَقٌّ، اَللّهُمَّ لَكَ أَسْلَمْتُ، وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ، وَبِكَ آمَنْتُ، وَإِلَيْكَ أَنَبْتُ، وَبِكَ خَاصَمْتُ، وَإِلَيْكَ حَاكَمْتُ. فَاغْفِرْ لِيْ مَا قَدَّمْتُ وَمَا أَخَّرْتُ، وَمَا أَسْرَرْتُ وَمَا أَعْلَنْتُ، أَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَأَنْتَ الْمُؤَخِّرُ، لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَنْتَ إِلٰهِيْ لاَ إِلٰهَ إِلاَّ أَنْتَ

"Allahumma lakalhamdu annta nuurussamaawaati wal'ardhi wa manfiihina wa lakalhamdu annta, wa lakalhamdu annta qayyimussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta rabbussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna.

Wal lakalhamdu annta mulkussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna, wa lakalhamdu annta malikussamaawaati wal'ardhi wa manfiihinna wa lakalhamdu anntalhaqq wa wa'dukalhaqq, wa liqaa'uka haqq, wa qauluka haqq, waljannatu haqq, wannaaru haqq, wannabiyuuna haqq, wa muhammadun shallallaahu 'alaihi wa sallam haqq, wassaa'atu haqq.

Allahumma laka aslamtu wa 'alaika tawakkaltu wa bika aamanntu wa ilaika anabtu wa bika khaashuamtu wa ilaika haakamtu fagfirlii maa qaddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a'lantu, anntalmuqaddimu wa anntalmu'akhkhiru laa ilaaha illaa annta anta ilaahii laa illaa annta.

Artinya:

"Ya, Allah! Bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau yang mengurusi langit dan bumi serta seisinya. Bagi-Mu segala puji, Engkau Tuhan yang menguasai langit dan bumi serta seisinya.

Bagi-Mu segala puji dan bagi-Mu kerajaan langit dan bumi serta seisi-nya.
Bagi-Mu segala puji, Engkau benar, janji-Mu benar, firman-Mu benar, bertemu dengan-Mu benar, surga adalah benar (ada), neraka adalah benar (ada), (terutusnya) para nabi adalah benar, (terutusnya) Muhammad adalah benar (dari- Mu), peristiwa hari kiamat adalah benar.

Ya Allah, kepada-Mu aku pasrah, kepada-Mu aku bertawakal, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku kembali (bertaubat), dengan pertolongan-Mu aku berdebat (kepada orang-orang kafir), kepada-Mu (dan dengan ajaran-Mu) aku menjatuhkan hukum.

Oleh karena itu, ampunilah dosaku yang telah lalu dan yang akan datang. Engkaulah yang mendahulukan dan mengakhirkan, tiada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang hak disembah kecuali Engkau".

Setelah melakukan sholat tahajud, kita dianjurkan untuk melakukan sholat penutup yakni sholat witir. Rakaatnya ganjil, bisa satu atau tiga rakaat.


Berikut Niat sholat Witir


اُصَلِّى سُنَّةَ الْوِتْرِ ثَلَاثَ رَكْعَاتٍ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ أَدَاءً لِلهِ تَعَالَى

Ushalli sunnatal witri tsalâtsa raka'âtin mustaqbilal qiblati adâ'an lillâhi ta'âlâ

Artinya, "Aku menyengaja sholat sunnah shalat witir tiga rakaat dengan menghadap kiblat, karena Allah Ta'ala."

Demikianlah penjelasan mengenai sholat tahajud, bacaan niat sholat tahajud serta doa setelah melakukan sholat tahajud.

Posting Komentar untuk "Ini Niat Sholat Tahajud dan Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap"