Spesifikasi dan Harga Viar Cross X 250 SE Terbaru Bulan Agustus 2016

Harga Viar Cross  X 250 SE - Ada kabar yang menggembirakan bagi anda yang menyukai motor dari PT Viar Motor Indonesia (VMI) , pasalnya dipertengahan bulan yang lalu pabrikan otomotif lokal tersebut telah meluncurkan motor barunya yang bergenre trail. 

Tepat pada hari minggu tanggal 22 februari 2015, motor dengan nama Cross X 250 SE itu telah secara resmi meluncur ke bumi tanah air.

Kehadiran motor baru  ini semakin menegaskan tekad viar untuk bisa masuk dan berkompetisi dalam segmen motor-motor tipe adventure. 

Dan tak ketinggalan lagi, dengan datangnya motor penggaruk ini secara langsung akan membuat persaingan motor tipe adventure di indonesia akan semakin memanas.

Cross X 250 SE menjadi motor model trail ke lima yang diluncurkan ke indonesia. Setelah sebelumnya pabrikan lokal tersebut meluncurkan Cross X 150, VX1, VX2, X200 dan X200SE. 

Sekedar informasi, setelah baru dilaunching, motor penggaruk ini sudah mendapat penggemar dengan penginden yang lumayan banyak.

Dengan hal tersebut bisa dipastikan bahwa motor ini akan menjadi pesaing yang perlu untuk diperhitungkan, khususnya bagi motor-motor trail yang sudah terlebih dahulu mengaspal ke bumi indonesia seperti kawasaki klx 250s dan yamaha wr250r.

Yang perlu anda ketahui adalah bahwa cross x 250 se ini bukanlah motor "street legal" alias bukan motor yang bisa dipakai dijalanan pada umumnya (off road) dan hanya di khususkan untuk arena atau medan yang berat-berat. 

Jadi ya tak cocoklah digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tapi meski begitu, motor ini tetap pantas dan layak untuk di perhitungkan. 

Motor adventure ini dilepas ke wilayah indonesia dengan satu pilihan warna yang atraktif yakni Orange.

Untuk bisa berkiprah serta bersaing di dunia motor adventure, trail cross x 250 se di bekali oleh viar dengan beberapa keunggulan, diantaranya ialah:

Dimensi Yang Gagah, Kokoh Nan Tangguh

Mengingat fungsinya sebagai motor trail adventure yang digunakan untuk menerjang medan-medan yang terjal dan sulit, cross x 250 se di bekali oleh viar dengan dimensi yang gagah, kokoh dan juga tangguh. 

Spesifikasi dimensinya ialah panjang 2120 mm, lebar 810 mm dan tinggi mencapai 1250 mm serta memiliki jarak sumbu roda yang lumayan panjang yakni 1440 mm yang membuat motor ini menjadi mudah & cukup lincah saat digunakan untuk menikung maupun bermanuver.



Harga Viar Cross  X 250 SE
Viar Cross  X 250 SE
Sumber Gambar : http://viarmotor.com/produk/9784/cross-x-250-se

Selain itu dengan jarak terendah ketanah yang mencapai 320 mm, membuat motor ini bisa dengan lincah dan cekatan saat menghadapi medan yang berat seperti melewati sungai deras, menapaki batu-batu, mendaki bukit dan lain-lain. 

Kemudian, berat motor yang ringan yakni hanya 126 kg, membuat trail ini mudah untuk dikendalikan oleh pengendara. 

Tidak sampai disitu saja, dengan kapasitas tangki bahan bakar yang mencapai 6,7 liter, rasanya cukuplah membuat pengendara bisa menjelajahi berbagai medan dengan jarak yang lumayan jauh serta waktu yang relatif lama.

Mesin Yang Spesial Nan Tangguh

Pastinya banyak yang berfikir bahwa embel-embel "SE" yang berada dibelakang nama motor adventure ini merupakan singkatan dari Special Edition. 

Tapi ternyata kata itu memiliki kepanjangan lain. "SE" yang digunakan merupakan kepanjangan dari Special Engine atau kalau dibahasakan indonesia berarti mesin spesial. 

Yup, cross x 200 se memang memakai mesin yang spesial yakni mesin ZONGSHEN buatan pabrikan asal cina (tiongkok) yang disinyalir mirip sekali dengan mesin yang dipakai oleh minerva megelli 250.

Mesin tersebut memiliki kapasitas 249,6cc, 1 silinder, SOHC, 4-Langkah, 6 kecepatan dengan sistem pendinginan berupa cairan (liquid cooled). Mesin tersebut memiliki ukuran piston 77 mm dan stroke 53,6 mm yang mampu membangkitkan power maksimal sebesar 19 KW / 9000 rpm dengan torsi maksimal mencapai 23 Nm / 7000 rpm. 
 
Dengan komparansi mesin seperti itu motor ini dipastikan akan sangat tangguh baik saat melibas medan maupun rintangan yang sulit. 

Namun yang perlu disayangkan adalah bahwa mesin motor ini belum menggunakan sistem bahan bakar injeksi alias masih karburator, sehingga pemakaian bahan bakar terbilang masih kurang efisien (boros).

Rangka Kuat dan Kokoh

Viar cross x 250 se dibangun dengan rangka kuat dan kokoh jenis twinspar (deltabox) berbahan logam. 

Seperti yang kita tahu bahwa rangka twinspar memiliki kelebihan dalam meminimalkan getaran mesin motor dibandingkan dengan tipe rangka lainnya. 

Dengan penggunaan rangka tipe ini, tentunya trail ini bisa tetap stabil, kokoh dan tahan banting meski dipakai buat menghadapi medan-medan yang sukar dan sulit.

Suspensi Yang Handal

Terlahir sebagai motor jenis trail, viar cross x 250 se dipersenjatai dengan suspensi yang bisa dibilang handal. Suspensi tersebut ialah tipe Upside Down di area depan dan jenis Monoshock Unitrack Sytem di area belakang. 
 
Yang menarik ialah terletak pada suspensi monoshock yang digunakan. Suspensi tersebut menggunakan tabung Fluida Nitrogen dan bisa disetting sendiri tingkat kenyamannya sesuai dengan kebutuhan. 

Alhasil, trail ini akan tetap nyaman bahkan saat digunakan untuk loncat-loncat alias jumping-jumping.

2 Sistem Starter

Kelebihan lain yang dimiliki oleh trail adventure cross x 250 se ini ialah terletak pada bagian penyalaan mesinnya. 

Trail ini memiliki 2 sistem starter untuk menghidupkan mesinnya yakni electric starter dan kick starter. 

Ini berbeda dengan motor trail adventure lainnya, khususnya dalam kelas 250cc yang kebanyakan hanya memakai satu sistem starter saja yakni electric starter.

Knalpot Undertail

Layaknya motor trail tipe adventure pada umumnya, cross x 250 se ini menggunakan knalpot yang terletak dibawah jok motor (undertail).  

Sehingga membuat tampang motor ini terlihat makin keren dan sporty ala motor trail kenamaan.

Pengereman Optimal

Sebagai penghenti laju serta buat keamanan selama mengendarai motor trail ini, cross x 250 se dilengkapi dengan rem cakram tunggal dengan ukuran besar dikedua rodanya yang masing-masing berukuran 270 mm (depan) & ukuran 220 mm (belakang).  

Dengan rem yang ukurannya besar, tentunya disisi pengereman lebi optimal dan juga terjamin. 

Rem tersebut melekat kuat di velg depan berukuran 1.60 x 21  & velg belakang berukuran 2.15 x 18. 

Untuk bannya sendiri memiliki ukuran depan 80/100 - 21 dan belakang 100/100 - 18.

Trail adventure ini dilepas dengan banderol harga yang relatif murah untuk ukuran motor off road kelas 250cc. 

Bahkan ya, harga tersebut sangat jauh lebih murah ketimbang banderol harga dari pesaing seperti kawasaki klx 250s dan yamaha wr250r. 

Untuk lebih jelas lihat saja harganya yang telah tersedia di bawah ini!

Spesifikasi Viar Cross  X 250 SE:

  1.  DIMENSI
  • Panjangnya 2120 mm.
  • Lebarnya 810 mm.
  • Tingginya mencapai 1250 mm.
  • Kapasitas tangki bahan bakarnya 6,7 liter.
  • Berat kosong motor : 126 kg.
  • Tinggi jok atau tempat duduk adalah 920 mm.
  • Jarak sumbu rodanya ialah 1440 mm.
  • Jarak terendah ke tanah mencapai 320 mm.
      2. RANGKA
  • Suspensi depan memakai Upside Down & suspensi belakang menggunakan Monoshock Unitrack System.
  • Rem depan mengaplikasikan rem cakram tunggal ukuran 270 mm, sedang sektor belakang rem cakram tunggal berukuran 220 mm.
  • Ukuran ban depan ialah  80/100 - 21 & ban belakang 100/100 - 18.
  • Ukuran velg depan adalah 1.60 x 21 & velg belakang 2.15 x 18.
      3. MESIN
  • Mesin berkapasitas 249,6cc, 1 silinder,  SOHC, 4-Langkah, 6 kecepatan bersistem pendingin cairan.
  • Piston x Stroke : 77 mm x 53,6 mm.
  • Daya maksimalnya mencapai 19 KW / 9000 rpm, sedangkan untuk torsi maksimalnya mencapai 23 Nm / 7000 rpm.
  • Kopling yang digunakan bertipekan Manual, Multiplate Wet Clutch.
  • Sistem pengapiannya menggunakan CDI - DC.
  • Kapasitas minyak pelumas mesin (oli) 1,5 liter per pergantian periodik / berkala.
  • Starter ( penghidup mesin ) ada 2 yakni Electric Starter dan Kick Starter.

Harga Viar Cross X 250 SE - Bulan Agustus 2016:

  • Harga Baru                                                   Rp 34.630.000
Jelajahi juga beragam informasi menarik seputar dunia motor di blog ini. Misalkan saja seperti artikel menarik Tentang:
  • Harga Viar Cross X 70
  • Harga Viar Cross X 100
  • Harga Viar V1
  • Harga Viar Vixr
  • Harga Viar Cross X 200
  • Daftar Harga Viar Tiga Roda
  • Harga Viar VSR 200
 Terima kasih banyak ya sudah berkunjung.!

    Posting Komentar untuk "Spesifikasi dan Harga Viar Cross X 250 SE Terbaru Bulan Agustus 2016"