Spesifikasi dan Harga KTM 1190 Adventure & Adventure R Bulan Agustus 2016

Harga KTM 1190 Adventure dan Adventure R - Apakah anda merupakan salah satu penggemar motor-motor keluaran pabrikan KTM?. Dan apakah anda termasuk orang yang sukanya menjelajah alias berpetualang?. Jika begitu mungkin motor yang satu ini bisa di bilang sangat cocok untuk anda. 

Mengapa? Ini karena motor tersebut mampu digunakan untuk melewati berbagai kondisi jalan, baik jalan yang rata, off road hingga kondisi medan yang sulit. Apalagi, motor ini sejak awal memang diciptakan bagi mereka yang memang layak dipanggil sebagai petualang sejati, yang senang akan rintangan dan tantangan.

Mengusung nama KTM 1190 Adventure & Adventure R, kedua motor ini mulai mengambil langkah pertamanya di dunia otomotif sejak diluncurkan pertama kali di ajang pameran Intermot di Cologne-jerman di tahun 2012 yang lalu. 

Negara indonesia meskipun termasuk negara yang masih berkembang, ternyata juga mendapatkan kehormatan untuk mendatangkan motor petualang ini dari negara asalnya austria. Tepat pada hari senin tanggal 22 juli 2013, PT Moto KTM Indonesia ( KMI ) selaku pemegang merek tunggal resmi meluncurkan kedua motor ini saat acara launching KTM Superstore SCBD di kota jakarta.

Kedua motor ini memiliki tampilan yang nyaris mirip. Tapi, sesuai dengan nama yang di usungnya, kedua motor KTM ini memang memiliki beberapa perbedaan. Melihat dari mulai konsep pembuatann nya saja sudah ketahuan. 

Si adventure sendiri di ciptakan lebih elegan dan lebih menekankan pada kondisi jalan yang halus baik off road maupun on road, sedangkan untuk adventure r di ciptakan lebih bertenaga ( powerfull ) atau bisa di bilang lebih tangguh dan bisa digunakan pada berbagai kondisi jalan, meski medan yang berat sekalipun. 

Dan hebatnya, Si R ini sendiri telah sering digunakan dalam ajang perlombaan rally di berbagai negara dunia.

Sedikit perbedaan lain yang bisa kita lihat adalah dari dimensi masing-masing. Kalau si adventure mengusung body yang lebih rendah dengan jarak terendah ketanah adalah 220 mm, sementara si adventure r lebih tinggi dan memiliki jarak terendah ketanah mencapai 250 mm. 

Selain itu adventure memiliki jarak sumbu roda 1560 mm, sedangkan adventure r 1580 mm.

Perbedaan lainnya lagi, diantaranya pada ukuran suspensi travel yang digunakan serta cara pengaturannya. Adventure memakai suspensi travel berukuran 190 mm baik belakang maupun depan, sedangkan untuk R memakai ukuran suspensi lebih besar yakni 220 mm untuk depan dan belakang. 

Kemudian dalam pengaturan kenyamanannya, adventure memakai sistem elektronik (  Electronic WP Suspension ), sedangkan adventure r masih memakai cara yang manual. Dengan suspensi yang berbeda, tinggi tempat duduknya pun berbeda yakni untuk adventure 860/875 mm  dan si R 890 mm.

Kemudian pada bagian pelindung angin ( wind shield ), milik adventure memiiliki ukuran yang besar dan panjang, sedangkan adventure R hanya berukuran pendek dan kecil. Dan selain hal itu, dirasa tidak ada perbedaan lain baik dari segi mesin maupun fitur dan teknologinya.

Dari sektor mesin, kedua motor ini memakai mesin yang sama yakni berkapasitas 1,195cm3, DOHC, 2 silinder, 4 tak, 75 derajat pengaturan, spark-ignition engine, pengapian dengan busi ganda ( Twin Plug Ignition ), Dlc coating dengan sistem pendinginan berupa cairan alias radiator. 

Mesin tersebut juga telah menerapkan teknologi bahan bakar injeksi ( Fuel Injection System ) serta telah menerapkan engine management keluaran terbaru dari KEIHIN.

Tidak sampai disitu saja, mesin itu juga telah menerapkan teknologi anti-hopping clutch serta drive by-wire yang berfungsi agar akselerasi dan performa yang dihasilkan bisa menjadi lebih maksimal.

Mesinnya sendiri mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 128.8 Hp / 9630 rpm dengan torsi maksimal mencapai 81.3 Ft.lb / 7670 rpm. Kecepatan maksimal ( top speed ) dari KTM 1190 Adventure dan Adventure R ini mencapai kisaran angka 241,41 km/jam. 

Di indonesia sendiri, KTM 1190 adventure ditawarkan dengan 2 pilihan warna yakni orange dan putih. Sedangkan untuk tipe adventure R hanya ada 1 pilihan warna yakni putih.

Harga KTM 1190 Adventure & Adventure R
Ilustrasi KTM 1190 Adventure (kiri) & Adventure R (kanan)
Untuk urusan pengereman, kedua motor ini sama-sama menggunakan rem cakram yang berada di kedua rodanya dengan ukuran yang sama. Rem depan memakai cakram ganda 4 kaliber piston dengan ukuran 320 mm dari Brembo, sedang rem belakang memakai rem tunggal 2 kaliber piston ukuran 267 mm juga dari Brembo.

Tidak ketinggalan juga, teknologi ABS kombinasi antara teknologi traction control dari Bosch ( Bosh 9ME Combined-ABS ) juga terpasang kuat di sektor pengereman nya. Dan menariknya, sistem ABS yang di gunakan bisa di non-aktifkan lho sesuai dengan keinginan pengendara. jadi si pengendara bisa lebih leluasa untuk memilih & merasakan sensasi berkendara apa yang paling ia inginkan.

Motor dengan berat 217 kg ini juga menawarkan berbagai fitur seperti 4 pilihan mode berkendara ( Riding Mode ) yakni Sport, Street, Rain, & Off road. Untuk Sport & Street menggunakan tenaga maksimal motor, namun pada "Sport" menggunakan Traction Control lebih tinggi ketimbang pilihan "Street". 

Kemudian untuk pilihan Rain & Off road menggunakan tenaga motor ( power ) hanya dibatasi sekitar 100 Hp saja. Dan diantara keempat mode ini, Rain lah yang menggunakan Traction Control yang paling tinggi ( 100% ) guna keamanan bagi pengendara.

Untuk kejelasan informasi saat berkendara, kedua motor ini menggunakan instrument kombinasi antara analog ( jarum ) dengan digital. Bagian analog dengan jarum adalah tachometer. 

Kemudian yang memakai sistem digital adalah speedometer, indikator bahan bakar, indikator gigi, jam, temperatur mesin, mode berkendara, trip meter, pengaturan suspensi, ABS, kontrol MTC dan masih banyak lagi.

Harga KTM 1190 adventure dan adventurer r di indonesia sendiri terbilang cukup mahal. Ini dikarenakan pajak yang tinggi serta karena motor ini di hadirkan dengan sistem Completely Build Up ( CBU ). Dan antara keduanya, harga adventurer r lah yang paling mahal mengingat berbagai keunggulan yang di miliki dibanding dengan tipe adventure biasa.

Spesifikasi KTM 1190 Adventure dan Adventure R :

  1. DIMENSI
  • Sudut kemudi motor adalah 64 derajat.
  • Jarak sumbu rodanya adalah 1560 mm  & 1580 mm ( R ).
  • Jarak terendah ketanah : 220 mm  & 250 mm ( R ).
  • Tinggi tempat duduk / jok : 860/875 mm & 890 mm ( R ).
  • Total dari kapasitas tangki bahan bakarnya adalah mencapai 23 liter.
  • Berat kosong motor mencapai 270 kg.
  • Total berat maximum beban adalah 400 kg.
      2. RANGKA
  • Di bangun dengan rangka tubular berbahan baja krom molybdenum.
  • Tipe adventure : Suspensi depan menggunakan garpu terbalik ( Up side Down ) dengan travel 190 mm, sedangkan suspensi belakang monoshock dengan travel 190 mm. Sedang untuk adventure R menggunakan suspensi yang sama tapi dengan ukuran travel 220 mm depan & belakang.
  • Rem depan menggunakan dual cakram 4 kaliber piston 320 mm, sedang belakang rem cakram tunggal 267 mm Brembo ( Rem berteknologi ABS + Bosch ).
      3. MESIN
    • Memakai mesin berkapasitas 1195 cm3, DOHC, 2 silinder, 4 tak, 75 derajat V arrangement, 6 kecepatan ( speed ) dengan sistem pendinginan yang digunakan adalah cairan.
    • Diameter serta langkah mesinnya : 105 mm x 69 mm.
    • Tenaga maksimum mencapai 128.8 Hp / 9630 rpm dengan torsi maksimal hingga mencapai 81.3 Ft.lb / 7670 rpm.
    • Electric starter ( starter listrik ).
    • Sistem pengapian yang di pakai berjenis elektronik dengan penyesuaian sistem digital.

    Harga KTM 1190 Adventure dan Adventure R - Bulan Agustus 2016 :

    • Harga KTM 1190 Adventure Baru                 Rp 450.000.000
    • Harga KTM 1190 Adventure R Baru              Rp 460.000.000
    Itulah artikel mengenai harga ktm 1190 adventure dan adventure r terbaru. Jangan lupa untuk menyimak artikel lainnya mengenai :
    • Harga KTM RC390
    • Harga Ducati Multistrada 1200
    • Harga Kawasaki Versys 1000

      Posting Komentar untuk "Spesifikasi dan Harga KTM 1190 Adventure & Adventure R Bulan Agustus 2016"