Kota Tua Jadi Batavia Dirancang untuk Masa Depan?

Warta Batavia - Jakarta, Anies Baswedan yang sampai hari ini masih menjadi Gubernur DKI Jakarta mengubah nama kawasan wisata Kota Tua kembali menjadi Batavia. Anies mengungkap alasan kenapa kota tua menjadi Batavia, karena banya yang mempertanyakan pengubahan nama tersebut.

Anies Baswedan yang sampai hari ini masih menjadi Gubernur DKI Jakarta mengubah nama kawasan wisata Kota Tua kembali menjadi Batavia



Anies menyebut pihaknya merancang ulang kawasan Kota Tua menjadi kota masa depan. Nama Batavia disebutnya, dipilih karena mencerminkan masa lalu, tapi dirancang dan dikemas sebagai kota modern masa depan.

"Kota ini kawasan ini disebut Kota Tua, tapi kita rancang ulang sehingga Kota Tua ini menjadi kota masa depan, namanya Batavia mencerminkan masa lalu, tapi konsepnya mencerminkan kota modern masa depan. Itu yang sedang dibangun di tempat ini," kata Anies dalam sambutannya di acara pembukaan kembali kawasan Kota Tua dan Groundbreaking CP202 MRT, di Kota Tua, Jakarta Barat, Sabtu (10/10/2022).

Kenapa Anies Baswedan Ubah Nama Kota Tua Jadi Batavia?

Batavia sendiri diketahui merupakan nama asli dari kawasan Kota Tua Jakarta. Anies mengatakan saat ini kawasan tersebut telah kembali dibuka.

"Jadi ini adalah pembukaan kembali kawasan Kota Tua Jakarta. Kawasan Kota Tua ini kita namai kawasan Batavia sebagaimana nama aslinya dulu. Ini adalah Batavia," demikian tuturnya.


Kenapa Anies Baswedan Ubah Nama Kota Tua Jadi Batavia? Anies menyebut pihaknya merancang ulang kawasan Kota Tua menjadi kota masa depan. Nama Batavia disebutnya, dipilih karena mencerminkan masa lalu, tapi dirancang dan dikemas sebagai kota modern masa depan.


Lebih lanjut, Anies menyebut kawasan Kota Tua yang telah direvitalisasi menjadi jalur pedestrian akan memberikan banyak ruang bagi pejalan kaki. Dia berharap masyarakat dapat merasakan perjalanan lintas waktu saat berkunjung ke Kota Tua.


"Di sisi lain kita juga menyaksikan dengan dibangun sebagai kawasan pejalan kaki yang luas sekali dan dengan jalur sepeda nantinya kita berharap warga datang ke sini bisa menikmati perjalanan kota ini lintas waktu," katanya.

"Hampir 400 tahun keberadaan tempat ini, bangunan-bangunannya berusia cukup panjang, jadi perjalanan ke sini adalah sebuah perjalanan merasakan masa lalu tetapi konsepnya konsep yang modern," imbuhnya. *****

Posting Komentar untuk "Kota Tua Jadi Batavia Dirancang untuk Masa Depan?"