-->

Type something and hit enter

By On
Penjelasan kandungan Surat Yusuf ayat 58 (sumber: istimewa)

Surat Yusuf ayat 58 membahas soal cerita Nabi Yusuf. Di dalam Surat Yusuf ayat 58 dijelaskan perihal Nabi Yusuf dengan saudara-saudaranya.

Warta Sunda - Surat Yusuf ayat 58 menceritakan sikap saudara-saudara Nabi Yusuf yang tidak mengenali dirinya. Surat Yusuf ayat 58 hendak memberikan pelajaran sejarah ke ummat Islam soal cerita Nabi Yusuf dan saudara-saudaranya.

Di dalam Surat Yusuf ayat 58 disebutkan, saat saudara-saudaranya berjumpa Nabi Yusuf ke-1 kali berjumpa, mereka tidak mengenalinya sama sekali. Waktu lama yang Melepaskan mereka jadi bagian faktor saudara-saudara Nabi Yusuf tidak kenal lagi.

Baca: Tafsir Surat Al-Isra Ayat 26, Bersedekah Ke Kerabat

Di samping itu, saudara-saudaranya dulu semenjak Nabi Yusuf kecil mereka tidak menyukainya. Bahkan, mereka berusaha menghabisi Nabi Yusuf dengan dijeburkan ke dalam sumur.

Perjumpaan Nabi Yusuf dengan saudara-saudaranya sesudah puluhan tahun lamanya berawal dari kriris pangan yang melanda Mesir dan sekitarnya. Pada waktu itu, Mesir dan negera-negara sekitarnya mengalami masa peceklik yang berkepanjangan, sehingga mereka kekurangan pangan.

Tetapi, Mesir telah mempersiapkan diri untuk menghadapa pacekelik tersebut, sehingga ia mempunyai cadangan pangan yang berkecukupan. Kesiapan Mesir tersebut berawal dari anjuran Nabi Yusuf saat mentafsiri mimpi raja Mesir.

Menguping Mesir berkecukupan ketersediaan pangan yang berlimpah, banyak warga dari daerah lain yang  berdatangan ke Mesir untuk memperoleh bahan pangan. Karena, raja Mesir waktu itu membagikan pangan ke orang-orang yang butuh atau menjual dengan harga murah.

Baca: 5 Manfaat Mengetahui Asbabun Nuzul

Nabi Ya'kub yang juga menguping berita tersebut bergegas mengutus anak-anaknya ke ke Mesir. 1 anak yang bernama Bunyamin tidak berangkat ke Mesir untuk menemani Nabi Ya'kub di rumah.

Sesampai mereka di Mesir, Nabi Yusuf langsung mengenali wajah-wajah saudaranya tersebut. Hal itu sebagaimana dicerikan Surat Yusuf ayat 58.


 وَجَاءَ إِخْوَةُ يُوسُفَ فَدَخَلُوا عَلَيْهِ فَعَرَفَهُمْ وَهُمْ لَهُ مُنْكِرُون



"Dan datanglah saudara-saudara Yusuf ke Mesir, lalu mereka masuk ke (tempat) nya. Maka dia (Yusuf) mengenal mereka, sedangkan mereka tidak mengenalinnya (lagi) kepadanya" (QS. Yusuf: 58).

Dalam Tafsir al-Azhar karya Hamka dijelaskan, saudara-saudara Nabi Yusuf Hadir ke Mesir dengan membawa hasil negeranya untuk ditukarkan dengan gandum. Walaupun telah kisaran 25 tahun lamanya, Nabi Yusuf langusng mengenali bahwa mereka ialah saudaranya.

Baca: Tafsir Surat An-Nisa Ayat 9, Pendidikan Anak

Akan tetapi saudara-saudaranya tersebut sama sekali tidak mengenali Nabi Yusuf. Bagaimana akan mengenalinya, Yusuf yang dulu masih anak kecil, Saat ini telah tumbuh jadi orang dewasa. Di samping itu, Yusuf waktu itu berpakain mewah laiknya seorang seorang dari kalangan kerajaan. (Tafsir al-Azhar, juz 13, hal.17).

Demekianlah penjelasan Surat Yusuf ayat 58 soal cerita perjumpaan Nabi Yusuf beserta saudara-saudaranya. Dari cerita ini, semoga ummat Islam dapat menjadikannya 1 pejalaran berharga. [Warta Sunda/in]









Source link

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...

Click to comment