-->

Header Menu

150 Banser Terjun Lapangan Bantu Petugas Padamkan Kebakaran Lahan

author photo 23.9.19
Banser bantu petugas padamkan kebakaran lahan di Riau. Foto: gatra.com.
Warta Sunda - Kisaran 20 hektar lahan semak belukar dan tanaman kelapa sawit terbakar di Kelurahan Pelalawan Kabupaten Pelalawan Riau, Sabtu (21/09/2019).

Untuk membantu pemadaman, tidak kurang dari 150 orang member Barisan Anshor Serbaguna (Banser) Satkoryon Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, langsung berinisiatif ikut. Mereka berbaur dengan tim Satuan Tugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) yang telah ada di sana.

"Telah lebih sebulan bencana asap terjadi. Kebetulan di Siak tidak ada titik api, itu makanya Anshor dan Banser kita terjunkan ke Pelalawan membantu TNI dan Polri memadamkan api," kata Ketua PC Nahdlatul 'Ulama (NU) Kabupaten Siak, KH M Thoyib Firdaus untuk Gatra.com, Sabtu (21/09/2019).

Thoyib merinci, 150 orang member Banser tadi dibagi dalam 4 tim.  Seterusnya mereka berkoalisi dengan Tentara TNI, Polri dan Manggala Agni (MA) yang telah 1 bulan lebih berjibaku memadamkan api yang membakar ratusan hektar lahan milik warga.

Keadaan kanal kanal yang mengering jadi tantangan tersendiri dalam memadamkan api di lahan gambut. Karena memadamkan 1 titik saja memerlukan pasokan air yang banyak. Karena karakter gambut, padam di atas tapi masih membara di bawah. 

"Keadaan di lapangan sungguh sulit, apalagi sumber airnya juga jauh.  Makanya kami jadi paham kenapa 1 titik saja butuh waktu berbulan-bulan untuk memadamkan," kata Thoyib.

Satkorcab Banser Kabupaten Siak Toni Yufida menjelaskan, anggotanya akan ditempatkan di sejumlah tempat yang masih rawan terbakar. Mekanismenya nanti mempergunakan pola sift.  "Ya tetap.  Sampai padam. Pokoknya kami pantang pulang sebelum padam," tegasnya. 

Di sisi lain, Kordinator Tim Pemadam Zona Pelalawan, David (47), mengklaim amat suka dan bersyukur personel Banser ikut membantu mereka.

Menurut David, waktu timnya memadamkan api di Desa Sering dan telah padam, muncul pula api baru di Kelurahan Pelalawan. Begitu terus kata David pola kebakaran lahan itu, ada saja yang terbakar.

"Jika dibilang lelah, kami telah lelah, Pak.  Bayangkan, 1 bulan kami siang malam ada di sini. Dipadamkan di sini, di sana terbakar, dipadamkan di sana, eh malah di tempat lain terbakar. Sebab tipikal gambutkan membara di bawah. Kami terus jelas kewalahan. Makanya dengan hadirnya sahabat-sahabat Banser sebanyak itu, kami jadi terbantu," kata David.

Kepala BPBD Riau Edwar Sanger menjelaskan, selain di Kelurahan Pelalawan, kebakaran lahan di Kabupaten Pelalawan juga terjadi di desa lain seperti di Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam.

"Di sana awalnya cuma 11 hektar yang terbakar, tapi api menjalar dan waktu ini telah mencapai 40 hektar. Proses pemadaman masih kita lakukan berbarengan," ucap Edwar untuk Gatra.com.

Lalu ada juga kebakaran lahan di Desa Lalang Kabung yang meluas jadi 5 hektar dari yang tadinya 3 hektar, Desa Lubuk Keranji Timur meluas 15 hektar dari yang tadinya 3 hektar, Desa Rantau Baru meluas 50 hektar dari 6 hektar dan Kelurahan Pelalawan seluas 20 hektar, dan Saat ini masih terbakar. [Warta Sunda/pin]

Penjelasan: Disadur dan diedit dari Gatra.com dengan judul asli 'Waktu 150 Banser NU Berjibaku Bersama-sama TNI Polri dan MA'.











Source link

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement