-->

Header Menu

Zarif: AS Wajib Beradaptasi dan Berhenti Mengasingkan Diri

author photo 3.8.19

TEHRAN – Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif menerangkan AS tidak dapat merubah fakta bahwa power global bergeser menyokong Iran, Rusia dan Cina, dengan mempergunakan sanksi dan menghabisi Tekad bulat. Washington sebaiknya beradaptasi dengan realitas baru di panggung dunia dan “berhenti mengasingkan diri. ”

Menteri luar negeri Iran membikin komentar dalam 2 tweet berturut-turut pada hari Jumat, beberapa jam sesudah AS secara legal Mundur dari Perjanjian Nuklir Jangka Menengah (INF) dengan Rusia – perjanjian kontrol senjata era Perang Dingin yang diteken antara ke-2 pihak pada tahun 1987 .

Ini terjadi tidak lama sesudah AS memberlakukan sanksi baru ke Rusia atas Sangkaan perannya dalam meracuni eks Spionase di Inggris pada tahun 2018.

Pada hari Kamis, Presiden AS Donald Trump juga mengumumkan planning untuk mengenakan tarif tambahan 10% pada impor Cina senilai $ 300 miliar mulai bulan depan sebagai bagian dari konflik perdagangan yang tengah berlangsung dengan China.

BacaRouhani: Saksi AS Ke Menlu Iran Javad Zarif Kekanak-kanakan.

Washington juga telah meninggalkan Tekad bulat multilateral soal program nuklir Iran dan mengeluarkan sanksi ekonomi yang keras ke Republik Islam.

Zarif menerangkan dalam bagian tweet pada hari Jumat bahwa “AS mesti berhenti mengisolasi diri & beradaptasi dengan realitas global baru. Perdagangan & kekuasaan internasional tengah bergeser: baik terorisme ekonomi ke Cina & Iran maupun keluar dari Perjanjian INF dengan Rusia tidak akan membalikkan itu,” ujar Zarif, Jumat (02/08/2019).

Dalam tweet lanjutannya, diplomat top itu mengkritik AS karena praktik anakronistiknya yang berusaha menahan apa yang dianggapnya sebagai “Power Besar” – sekarang melalui sanksi.

Bersamaan dengan tweet itu, Zarif memberikan cuplikan layar dari berita harian Daily Telegraph yang bertanggal 19 April soal permintaan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke aliansi angkatan bersenjata NATO untuk bersatu melawan “power besar” dari Rusia, Cina dan Iran.

Pompeo mempergunakan konsep klasik persaingan power besar – yang mengacu pada pola spesial hubungan antara power saingan di abad ke-19 dan awal abad ke-20.

“Kelihatannya paranoia @ SecPompeo soal” Power Besar “jadi fobia sejati,” kata Zarif. “Bangun: Era” Power Besar “sudah lama berlalu.”

Inisiatif pakta non-agresi Iran membikin kemajuan

Dalam tweet pertamanya, Zarif juga menuding inisiatif Iran untuk pakta non-agresi di antara negara-negara Teluk Persia dalam usaha untuk mengakhiri ketegangan di wilayah.

Menteri luar negeri Iran memuji kemajuan dalam proposal itu, yang katanya telah menyebabkan pengucilan kelompok politisi dan pemimpin regional hawkish yang mencoba untuk menekan dan mengisolasi Iran dengan merusak perjanjian nuklir 2015 dan memicu ketegangan regional.

BacaAS Akhirnya Jatuhkan Sanksi ke Menlu Iran di Tengah Ketegangan.

“Waktu dialog regional Iran & pakta non-agresi maju, #B_Team menyusut,” mengacu pada kelompok hawkish yang terdiri dari Penasihat Keamanan Nasional AS John Bolton, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman dan Putra Mahkota Putra Mahkota Mohammed bin Zayed Al Nahyan.

Zarif Mempublikasikan kesiapan Iran untuk pakta non-agresi selama Lawatan ke Irak pada akhir Mei, di tengah meningkatnya ketegangan antara Teheran dan Washington.

Dia menerangkan waktu itu bahwa Teheran mencari yang the best dari hubungan dengan negara-negara pesisir Teluk Persia dan akan menyambut tiap-tiap proposal untuk dialog dan de-eskalasi. [ARN]

rnrnZarif: AS Mesti Beradaptasi dan Berhenti Mengasingkan Diri by Ahmad Fawas","author":{"@type":"Person","name":"Ahmad Fawas","url":"https://wartabatavia.com/author/fawas/"},"articleSection":["BERITA DUNIA"],"image":{"@type":"ImageObject","url":"https://wartabatavia.com/wp-content/uploads/2019/08/Zarif-AS-Mesti-Beradaptasi-dan-Berhenti-Mengasingkan-Diri.jpg","width":650,"height":364},"publisher":{"@type":"Organization","name":"Warta Batavia","url":"https://wartabatavia.com","logo":{"@type":"ImageObject","url":"https://wartabatavia.com/wp-content/uploads/2018/07/wartabatavia-ico.jpg"},"sameAs":["http://facebook.com","http://twitter.com","https://plus.google.com/ Jegtheme","http://youtube.com","http://jnews.jegtheme.com/default/feed/"]}}

Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement