-->

Header Menu

Raja Salman Bebaskan Perempuan Saudi Bepergian Tanpa Izin Wali pria

author photo 3.8.19
RIYADHRaja Salman bin Abdulaziz al-Saud dari Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan Dekrit Kerajaan yang membebaskan kaum perempuan di negara itu bepergian tanpa Penting memperoleh izin dari wali pria (suami, ayah atau pun saudara laki-laki).

Dengan dekrit raja tersebut, para perempuan Saudi bebas bekerja di kantor-kantor layaknya kaum pria.


Keputusan Kerajaan, sebagaimana dilansir Arab News, sudah dikeluarkan pada 29 Juli. Keputusan itu Mengatakan dengan tegas hak semua warga negara Arab Saudi, baik pria maupun wanita, untuk memperoleh paspor dan hak bagi perempuan untuk tidak memerlukan izin wali prianya untuk bepergian atau bekerja di luar rumah.


Di bawah aturan yang baru, cuma anak di bawah umur yang wajib memperoleh izin dari wali prianya untuk memperoleh paspor dan bepergian.


Keputusan Raja Salman untuk mengeluarkan dekrit ini muncul sesudah dialog panjang di Dewan Syura yang memutuskan bahwa Pergantian hukum tersebut Ialah langkah ke arah yang benar.


Putri Reema Bandar al-Saud, Duta Besar perempuan Saudi ke-1 untuk Amerika Serikat, mengonfirmasi Keputusan Kerajaan di media sosial. (Baca: Perempuan Saudi Sekarang Dapat Bepergian Tanpa Izin Wali Prianya)


“Saya gembira untuk mengonfirmasi bahwa KSA (Kerajaan Arab Saudi) akan memberlakukan amandemen undang-undang perburuhan dan perdata yang didesain untuk menaikkan status perempuan Saudi dalam masarakat kita, termasuk memberi mereka hak untuk mengusulkan paspor dan bepergian secara mandiri,” kata Putri Reema yang dikutip SINDOnews dari akun Twitter-nya, @rbalsaud, Jumat (2/8/2019).

“Kemajuan ini sudah lama terjadi. Dari dimasukkannya perempuan dalam dewan konsultatif untuk mengeluarkan SIM (surat izin mengemudi) untuk perempuan, kepemimpinan kami telah membuktikan tekad bulat tegasnya untuk kesetaraan gender,” lanjut Putri Reema yang menganggap keputusan kerajaan ini sebagai sejarah.


Tahun lalu, Raja Salman mengeluarkan Dekrit Kerajaan yang mencabut larangan perempuan untuk mengemudikan kendaraan.


(mas)




Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement