-->

Header Menu

Menlu Retno: ASEAN Bukan Tempat Sampah Dunia

author photo 2.8.19
BANGKOK – Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi menerangkan, Indonesia tidak ingin ASEAN jadi tempat sampah dunia. Hal itu disampaikan Retno dalam perjumpaan tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN di Bangkok, Thailand.

Isu sampah jadi satu-satunya isu yang diangkat Indonesia dalam perjumpaan yang berlangsung semalam itu. Retno menceritakan, argumentasi dia mengangkat isu ini ialah karena dalam beberapa bulan terakhir negara-negara ASEAN memperoleh kiriman sampah dalam hitungan total yang amat besar dari negara lain.


“Indonesia menyampaikan 1 saja isu, yaitu Masalah problem limbah beracun. Jadi sebagaimana diketahui bahwa akhir-akhir ini di ASEAN, kita banyak sekali menerima kontainer yang isinya di antaranya ialah sampah, yang di antaranya juga berupa limbah beracun,” kata Retno, seperti dikutip dari siaran pers Kementerian Luar Negeri Indonesia pada Kamis (1/8).


“Indonesia sampaikan karena pada waktu perjumpaan KTT yang lalu, beberapa pemimpin ASEAN sudah mulai Menyenggol isu Masalah limbah ini. Oleh karena itu, kita Penting sampaikan pesan ke dunia luar Masalah sikap ASEAN ke isu limbah beracun ini. Yang Indonesia inginkan kita tidak mau wilayah ASEAN jadi tempat sampah bagi pembuangan sampah negara-negara lainnya,” sambungnya.


Sejumlah negara ASEAN, beberapa diantaranya ialah Indonesia dan Kamboja waktu ini sudah memulangkan kembali sampah-sampah yang “diekspor” oleh negara lain. Teranyar, Indonesia memulangkan tujuh kontainer sampah ke Hong Kong dan Prancis.


Sementara itu, Kamboja akan memulangkan 1.600 ton sampah plastik yang ditemukan dalam kontainer pengiriman ke Amerika Serikat (AS) dan Kanada.


(esn)



Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement