-->

Header Menu

Legal, Trump Tunjuk Brazil Jadi Sekutu Utama Non NATO

author photo 2.8.19
WASHINGTON – Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, secara legal menetapkan Brazil sebagai sekutu Utama Non NATO. Status ini akan memudahkan negara Amerika Selatan itu untuk berbelanja senjata dan peralatan pertahanan AS.

Trump mengirimkan memo untuk Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo, pada Rabu malam untuk memberi tahu soal Pergantian status Brazil tersebut. Trump sendiri sebelumnya telah mengisyaratkan hal itu pada awal tahun sekarang seperti dilansir dari The Hill, Jumat (2/8/2019).


Enam belas negara telah mempunyai status sekutu Utama non-NATO AS, termasuk Korea Selatan (Korsel), Australia, Argentina dan Kuwait. Kolombia ialah satu-satunya negara Amerika Latin lainnya yang berafiliasi dengan NATO sebagai “mitra global,” yang artinya negara itu tidak mesti terlibat dalam aksi angkatan bersenjata.


Trump menerangkan selama Lawatan Presiden Brazil Jair Bolsonaro pada bulan Maret lalu bahwa ia bermaksud menjadikan negara itu sekutu non-NATO. Dia menganjurkan negara itu dapat ditambahkan ke dalam NATO, tetapi aliansi mesti mengundang Brazil untuk Bergabung.


Trump kerap memberikan pujian untuk Bolsonaro, yang memperoleh julukan “Trump of the Tropics” tahun lalu waktu ia menjalankan kampanye sayap kanan populis yang menentang keputusan pemerintah. Dia juga memperoleh reaksi keras dari komentar-komentar yang menghasut soal kaum minoritas dan wanita.


“Dia pria yang baik,” kata Trump soal Bolsonaro pada Selasa lalu. “Faktanya, mereka menerangkan ‘Trump of Brazil.’ Saya suka itu. Itu pujian,” imbuhnya.


(ian)



Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement