-->

Header Menu

FPI Belum Bersedia Lapor Aktifitas ke Kemendagri, Ada Apa?

author photo 1.8.19
FPI. Ilustrasi: Istimewa.
Warta Sunda - Sampai sekarang Front Pembela Islam (FPI) belum melengkapi sejumlah syarat perpajangan Surat Penjelasan Terdaftar (SKT)-nya. Salah satunya surat pernyataan kesiapan memberitahukan aktifitas.

Padahal, syarat itu telah diatur dalam Permendagri No. 57 tahun 2017 Pasal 11 ayat (1) poin g.

Direktur Ormas Kemendagri Lutfi membenarkan hal tersebut. "FPI belum mengirimkan surat pernyataan bersedia memberitahukan aktifitas," kata Lutfi, Rabu (30/07/2019), dilansir dari CNNIndonesia.com.

Lutfi menerangkan, surat pernyataan kesiapan memberitahukan aktifitas yang dibubuhi meterai berlaku bagi semua ormas. Bukan cuma FPI.

Akan tetapi, Lutfi malas menduga argumentasi FPI tidak memenuhi syarat tersebut waktu mengusulkan perpanjangan SKT selaku ormas.

"Kita belum dapat bicara jauh," ujar Lutfi.

Bukan cuma itu, FPI juga belum menyertakan surat pernyataan bahwa nama, lambang, bendera, simbol, serta atributnya belum jadi hak paten pihak lain atau pemerintah. Padahal, syarat itu diatur dalam Pasal 11 ayat (2) Permendagri No. 57 tahun 2017.

"FPI juga belum memperoleh rekomendasi dari Kementerian Agama. Padahal, rekomendasi dari kementerian terkait termasuk syarat seperti yang diatur dalam Pasal 11 ayat (2) Permendagri No. 57 tahun 2017," papar Lutfi.

Lutfi menambahkan, AD/ART FPI juga belum memuat mekanisme penyelesaian sengketa dan kontrol internal. Sehingga syarat yang termaktub dalam Pasal 12 butir g Permendagri No. 57 tahun 2017 ini belum terpenuhi.

"Ada pula hal sepele tapi penting yang belum dipenuhi FPI, yaitu pemberian nomor surat permintaan perpanjangan SKT. SKT itu, kalau kita terbitkan, kita kan berpatokan pada tanggal berapa permintaan itu diusulkan, iya kan, nah itu tidak ada," ujar Lutfi.

SKT FPI selaku ormas sudah habis pada 20 Juni lalu. FPI lalu mengusulkan perpanjangan ke Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri. Akan tetapi, ada sejumlah syarat yang belum dipenuhi FPI. Walhasil, Kemendagri mengembalikan berkas yang diusulkan FPI pada 12 Juli lalu. [Warta Sunda/pin]

Penjelasan: Data diolah dari CNNIndonesia.com dari berita berjudul 'Kemendagri Menyebut FPI Belum Bersedia Laporkan Aktifitas'.










Source link

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement