-->

Header Menu

Danai Program Senjata, Korut 'Rampok' USD2 Miliar Lewat Serang Siber

author photo 6.8.19
NEW YORK – Korea Utara (Korut) telah menghasilkan kisaran USD2 Miliar untuk senjata program pemusnah massalnya mempergunakan serbuan siber yang meluas dan makin hebat. Mereka “merampok” dari bank dan pertukaran mata uang kripto.

Begitu bunyi laporan rahasia PBB yang berhasil didapat Reuters, Selasa (6/8/2019).

“Pyongyang juga terus menaikkan program nuklir dan misilnya walaupun tidak melakukan uji coba nuklir atau peluncuran ICBM (rudal balistik antar benua),” bunyi laporan yang ditujukan untuk komite sanksi Korut Dewan Keamanan PBB oleh ahli independen yang Mengawasi kepatuhan selama enam bulan terakhir.


Para ahli, dalam laporan itu, menerangkan Korut mempergunakan dunia maya untuk meluncurkan serbuan yang makin hebat untuk mencuri ongkos dari lembaga keuangan dan pertukaran mata uang kripto untuk menghasilkan pendapatan. Mereka juga mempergunakan dunia maya untuk mencuci uang yang dicuri.


“Aktor maya Republik Demokratik Rakyat Korea, banyak yang beroperasi di bawah arahan Biro Pengintaian, mengumpulkan uang untuk program WMD (senjata pemusnah massal), dengan total hasil sampai waktu ini diperkirakan mencapai 2 miliar dolar AS,” kata laporan itu.


Korut secara legal dikenal sebagai Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK). Biro Umum Pengintaian ialah agen intelijen angkatan bersenjata top Korut.


Para ahli menerangkan mereka tengah menyelidiki setidaknya 35 Perkara yang diadukan dari aktor-aktor DPRK yang menyerbu lembaga keuangan, pertukaran mata uang kripto dan aktifitas penambangan yang didesain untuk memperoleh mata uang asing di kisaran 17 negara.

Para ahli PBB menerangkan serbuan Korut untuk pertukaran mata uang kripto memungkinkannya menghasilkan pendapatan dengan cara yang lebih sulit untuk dilacak dan tunduk pada kontrol serta regulasi pemerintah yang lebih sedikit daripada bagian perbankan tradisional.


Laporan PBB ini selesai sebelum peluncuran rudal minggu lalu oleh Korut, tetapi mecatat bahwa peluncuran rudal pada bulan Mei dan Juli menaikkan kesanggupan rudal balistik Korut secara keseluruhan.


Para ahli PBB menerangkan bahwa terlepas dari usaha diplomatik, mereka menemukan pelanggaran terus-menerus untuk sanksi PBB.


“Misalnya, DPRK terus menabrak sanksi melalui transfer kapal-ke-kapal ilegal yang tengah berlangsung dan pengadaan barang-barang yang berhubungan dengan WMD serta barang-barang mewah,” kata laporan PBB.


Misi Korut untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa tidak merespon permintaan untuk mengomentari laporan tersebut, yang telah disampaikan untuk komite Dewan Keamanan Minggu lalu.


Sementara itu waktu ditanya soal laporan PBB, Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS menerangkan: “Kami menyerukan semua negara yang bertanggung jawab untuk mengambil tindakan untuk melawan kesanggupan Korea Utara dalam melakukan aktivitas siber yang berbahaya, yang menghasilkan pendapatan yang menyokong WMD dan program rudal balistik yang menabrak hukum.”


Dewan Keamanan (DK) PBB dengan suara bulan telah menjatuhkan sanksi untuk Korut semenjak 2006 dalam usaha untuk menghentikan pendanaan untuk program-program rudal balistik dan nuklir Pyongyang. DK PBB telah melarang ekspor termasuk batubara, besi, timah, tekstil dan makanan laut, serta membatasi impor minyak mentah dan produk minyak sulingan.

Presiden AS Donald Trump telah berjumpa dengan Pemimpin Korut Kim Jong-un 3 kali. Perjumpaan terakhir terjadi pada bulan Juni waktu ia jadi presiden AS ke-1 yang menginjakkan kaki di Korut di Zona Demiliterisasi (DMZ) antara ke-2 Korea.


Mereka setuju untuk meneruskan perundingan yang macet, punya target supaya Pyongyang menghentikan program senjata nuklirnya. Perbincangan belum dilanjutkan tapi pada akhir Juli dan awal Agustus, Korut telah melakukan 3 uji coba rudal jarak pendek dalam delapan hari.


(ian)



Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement