-->

Header Menu

China Bersumpah Tidak Akan Diam Jika AS Sebar Rudal di Asia

author photo 6.8.19
BEIJING – China menerangkan tidak akan berpangku tangan dan akan mengambil tindakan Pembalasan jikalau Amerika Serikat (AS) menyebarkan rudal jarak menengah di wilayah Indo Pasifik. AS berencana menyebarkan rudal di Asia dalam beberapa bulan ke depan.

Pejabat kepala kontrol senjata China, Fu Cong, dalam pidatonya Memperingatkan negara-negara Jiran untuk tidak mengizinkan AS mengirimkan rudal jarak menengah di wilayah mereka.

Fu menerangkan China tidak berniat masuk Tekad bulat kontrol senjata trilateral dengan AS dan Rusia, tetapi akan tetap terlibat dalam dialog multilateral Masalah perlucutan senjata seperti dikutip dari New York Times, Selasa (6/8/2019).


Dikabarkan sebelumnya, Menteri Pertahanan AS Mark Esper menerangkan selama perjumpaan keamanan di Asia pada akhir Minggu lalu bahwa ia ingin mengerahkan rudal konvensional jarak menengah di Asia-Pasifik dalam beberapa bulan. (Baca juga: Bos Pentagon Ingin Tempatkan Rudal AS di Asia)


Keberadaan rudal jarak menengah dicegah di bawah Perjanjian Tentara Nuklir Jarak Menengah (INF) yang diteken oleh Rusia dan AS pada tahun 1987. Perjanjian itu berakhir pada Jumat Minggu lalu, dengan Washington menerangkan pihaknya mundur karena Sangkaan pelanggaran pakta oleh Rusia. Rusia membantah menabrak ketentuan.


Australia sebelumnya menerangkan tempat untuk pangkalan tersebut belum diketahui tetapi negara itu tidak akan jadi bagian pangkalannya. (Baca juga: Australia Bantah Akan Jadi Basis Rudal AS)


Ancaman serupa juga disuarakan oleh Rusia yang menerangkan pihaknya berencana untuk menyebarkan rudal seperti itu jikalau AS melakukannya, karena berakhirnya perjanjian Perang Dingin menaikkan kemungkinan perlombaan senjata.

Presiden Rusia Vladimir Putin menerangkan Rusia cuma akan mengerahkan rudal jarak menengah baru jikalau AS melakukannya dan menyerukan perundingan kontrol senjata yang mendesak untuk mencegah perlombaan senjata yang kacau.


(ian)



Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement