-->

Header Menu

Bocah 4 Tahun Palestina Dibawa ke Kantor Polisi Israel untuk Interogasi

author photo 6.8.19
YERUSALEM – Kepolisian Israel memanggil seorang bocah laki-laki Palestina berumur 4 tahun dari lingkungan Issawiya, Yerusalem Timur, ke kantor polisi untuk diinterogasi.

Bocah itu bernama Muhammad Rabi ‘Elayyan. Dia tinggal di Issawiya—lingkungan Palestina yang terjepit di antara Universitas Ibrani Yerusalem dan Tembok Pemisah. Kepolisian Zionis Israel Israel melalui surat memerintahkan dia dibawa ke kantor polisi di Jalan Salah Eddin, tidak jauh dari Gerbang Damaskus Kota Tua Yerusalem.


Menurut surat panggilan, Muhammad mesti dibawa ke kantor polisi oleh ayahnya, Rabi, pada 30 Juli 2019 lalu.


Pusat Informasi Wadi Hilweh—sebuah LSM yang berbasis di Yerusalem—mem-posting sebuah video yang memperlihatkan Muhammad menangis waktu ia dibawa ke kantor polisi. Sejumlah orang Palestina dari Issawiya kelihatan mengelilingi ayah dan bocah cilik itu, dan memberi tahu si bocah supaya tidak takut.


Polisi Israel menuding Muhammad melemparkan batu ke arah kendaraan polisi. Tudingan itulah yang memicu pengiriman surat panggilan kepadanya. Namun, Rabi membantah tudingan tersebut, dengan menerangkan bahwa putranya bermain di jalan dengan anak kecil lain yang berlari ke arah Pasukan Israel yang ditempatkan di lingkungan mereka.

“Pagi ini saya berkata ke anak saya Muhammad; ‘Saya akan membawamu ke sebuah perjalanan renang’. Saya tidak dapat menerangkan apa yang terjadi. Kami terkejut waktu serdadu ditempatkan di depan kantor polisi di Jalan Salah Eddin,” kata Rabi ke kantor berita Ma’an yang berbasis di Palestina.


Tatkala ayah dan anak itu Sampai di kantor polisi, seorang perwira Israel akhirnya Tidak mau untuk mengizinkan Muhammad masuk ke Fasilitas interogasi. Polisi akhirnya cuma membawa ayahnya untuk diinterogasi. Petugas itu diadukan memberi tahu Rabi bahwa jika dia tidak menghentikan putranya untuk melempar batu, mereka akan mengambil Muhammad darinya.


Israel ialah penandatangan Konvensi PBB Soal hal Hak-hak Anak (UNCRC), di mana dalam konvensi itu dinyatakan; “Bocah kecil mesti ditangkap, ditahan atau dipenjara cuma sebagai usaha terakhir dan untuk waktu sesingkat mungkin”.


Konvensi yang sama juga Menyatakan; “Pemerintah mesti menetapkan usia minimum bagi anak kecil untuk diadili di pengadilan pidana”. Sekadar diketahui, hukum angkatan bersenjata Israel menganggap anak kecil seusia 12 tahun yang dapat dinyatakan bersalah atas tindakan mereka. Lantaran usia Muhammad baru 4 tahun, maka panggilan polisi terhadapnya Ialah tindakan ilegal menurut hukum angkatan bersenjata internasional dan Israel.


Wilayah Issawiya telah jadi sasaran penumpasan parah semenjak pertengahan Juni, waktu Pasukan Israel mulai melakukan serbuan harian dan penghinaan sistematis ke masyarakat Jiran, dengan legitimasi merespons pelemparan batu oleh pemuda setempat.

Dalam serbuan lain pada 27 Juni, Pasukan Israel melaksanakan tembakan dada Mohammad Samir Obeid yang berumur 20 tahun dengan amunisi tajam. Kisaran 20 warga Palestina lainnya cedera sesudah ditembak dan dihantam dengan bom gas air mata. LSM HAM Israel, B’Tselem, semenjak itu berpendapat Pasukan Israel menghabisi Obeid “tanpa pembenaran”.


Beberapa minggu kemudian, Pasukan Israel masuk Issawiya sekali lagi, menghancur-leburkan sebuah monumen yang dibangun untuk mengenang Obeid. Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu membual Soal hal pembongkaran monumen itu di media sosial, dengan mecatat tweet; “Atas permintaan saya dan dalam koordinasi dengan Wali Kota Yerusalem, Moshe Leon, dan otoritas keamanan dan penegakan hukum, monumen untuk mengenang seorang teroris di Issawiya telah dihapus. Kami tidak akan mengizinkannya!”.


B’Tselem berpendapat pemanggilan polisi ke Muhammad yang baru berumur 4 tahun ialah bagian dari penghinaan Israel yang terus-menerus ke orang-orang Isswaiya, Palestina.


(mas)



Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement