-->

Header Menu

6 Bom Meledak di Bangkok waktu Jadi Tuan Rumah KTT Keamanan ASEAN

author photo 3.8.19
BANGKOK – Sebanyak enam bom meledak di 3 tempat di Bangkok pada Jumat (2/8/2019). Rentetan serbuan bom ini terjadi di waktu Ibu Kota Thailand tersebut tengah jadi tuan rumah perjumpaan puncak atau KTT Keamanan ASEAN.

Laporan awal dari otoritas keamanan setempat menerangkan 4 orang cedera. KTT itu juga dihadiri diplomat top dari Amerika Serikat dan China.


Seorang perwira polisi menerangkan 1 lagi alat peledak ditemukan sebelum meledak. Pejabat polisi setempat, Kolonel Kamtorn Uicharoen menerangkan 3 bom meledak di kompleks kantor pemerintah di Chaeng Wattana dan lainnya meledak di daerah Chong Nonsi.


“Bom di ke-2 daerah ini ialah alat peledak improvisasi yang dipicu oleh penghitung waktu,” katanya.


Pusat Medis Erawan merilis 4 orang cedera.”Tidak ada yang serius dan semua menerima perhatian medis di RS,” kata pusat medis tersebut.


3 dari mereka yang cedera ialah wanita yang tengah membersihkan jalan waktu sebuah bom meledak. Sebuah video yang diambil dari bagian tempat ledakan mempertunjukkan para korban cedera bingung dan memperoleh perawatan dari petugas medis. 1 di antaranya dibawa ke ambulans.


The Bangkok Post mengabarkan bahwa kaca di stasiun Skytrain BTS Chong Nonsi hancur sesudah terkena ledakan keras. Setidaknya 2 pintu keluar di stasiun ditutup.


Perangkat yang meledak itu dipercayai sebagai “bom pingpong” seukuran bola tenis. Serbuan ini Disangka sebagai serbuan simbolis yang ditujukan untuk mempermalukan pemerintah selama KTT Keamanan ASEAN, bukan didesain untuk menyebabkan korban massal.


“3 orang menderita cedera ringan akibat pecahan bom,” kata Renu Suesattaya, direktur distrik Suan Luang tempat bom ke-1 meledak.


“Saya menerima laporan bahwa itu ialah ‘bom pingpong’ yang disembunyikan di semak-semak di tepi jalan,” ujarnya.


Perdana Menteri Thailand Prayut Chan-Ocha pada hari Jumat mengutuk pihak yang Ada di balik ledakan bom-bom tersebut.


Belum ada pihak yang mengakui bertanggung jawab atas serbuan tersebut. “Pada pemboman pagi ini, saya ingin mengutuk mereka yang menyebabkan situasi yang menghancur-leburkan perdamaian dan merusak citra negara. Saya telah menginstruksikan para pejabat untuk menjaga keamanan publik dan mereka yang terkena dampak cepat,” kata Prayut.


Juru Bicara pemerintah Narumon Pinyosinwat menerangkan perdana menteri telah memerintahkan penyelidikan. “Situasi tengah dipantau secara ketat dan langkah-langkah keamanan telah diperketat. Penduduk didesak untuk tidak panik,” katanya, dikutip Reuters.


(mas)




Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement