-->

Header Menu

5 Amalan Inti di Bulan Dzulhijjah

author photo 5.8.19
Penjelasan amalan Inti bulan Dzulhijjah (sumber: istimewa)

Bulan Dzulhijjah termasuk bagian bulan yang Inti di dalam Islam. Keutamaan bulan Dzulhijjah berhubungan dengan Peluang Baik penyelenggaraan ibadah haji di Baitullah.

Warta Sunda - Keutumaan bulan Dzulhijjah sudah disinggung Nabi Saw di dalam hadisnya. Nabi Muhammad SAW menerangkan keutamaan bulan Dzulhijjah, khususnya pada sepuluh hari awal.

Peluang ini tentunya amat disayangkan jikalau tidak digunakan dengan baik. Selaku seorang muslim, telah sepatutnya mengisi aktifitas di bulan Dzulhijjah dengan memperbanyak amal saleh. Mengisi aktifitas yang bernilai positif di bulan Dzulhijjah Adalah bagian amal saleh yang digandrungi Allah SWT.

Baca: Keutamaan Sepuluh Hari Ke-1 Bulan Dzulhijjah

Dari Sahabat Umar bahwa Rasulullah SawBersabda, “Tidak ada hari yang paling agung dan amat digandrungi Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (Dzulhijjah) ini. Maka perbanyaklah pada waktu itu tahlil, takbir, dan tahmid.” (HR. Ahmad)

Oleh sebab itu, ummat Islam hendaknya tidak menyia-nyiakan Peluang Baik ini untuk mendekatkan diri ke Allah SWT. Berikut amal yang dapat dikerjakan di bulan Dzulhijjah selaku pundi-pundi amal saleh.

Ke-1, berpuasa selama sepuluh hari awal di bulan Dzulhijjah. Puasa 10 hari ke-1 dapat Dilakukan sepuluh hari full atau sebagiannya saja, minimal pada tanggal 8 dan 9 Dzulhijjah.

Mengisi sepuluh hari ke-1 dengan berpuasa termasuk amal ibadah yang Inti. Sebab, di dalam hadis qudsi dijelaskan bahwa pahala puasa cuma Allah SWT yang membalasnya.

Baca: Ini Dalil Puasa Sunnah Tarwiyah

Ke-2, memperbanyak berdzikir. Sepuluh hari ke-1 bulan Dzulhijjah mendekati puncak kemenangan ummat Islam, yaitu hari raya Idul Kurban. Menghiasi hari-hari tersebut dengan memperbanyak dzikir supaya lebih mendekatkan diri ke Allah SWT.

Terlebih lagi di dalam Surat al-Hajj ayat 28, Allah SWT menyerukan ummat Islam supaya selalu berdzikir kepadaNya. Sehingga, para sahabat nabi selalu memberpenyak dzikir di sepuluh hari ke-1.

Ketiga, berkurban. Ibadah qurban dapat dikerjakan pada tanggal sepuluh atau pada hari tasryriq. Ibadah qurban Adalah pada mulanya berawal dari cerita Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail.

Lantas, ibadah qurban disyariatkan untuk ummat Nabi Muhammad SAW dengan memotong haewan ternak, seperti unta, sapi atau kambing. Ibadah qurban bersifat sunnah mukkadah.

Ke-4, menunaikan ibadah haji. Ibadah haji bersifat wajib bagi ummat Islam yang sanggup, sebab termasuk dari rukun Islam. Orang yang berhaji dengan predikat haji mabrur setelah pulang dari tanah suci laksana bayi yang baru lahir, tanpa beban dosa.

Baca: Ini Fakta Puasa Tanggal 9 Dzulhijjah Tidak Wajib Mengacu Ke Wukuf di Arafah

Kelima, memperbanyak amal shaleh. Amal saleh yang dapat dikerjakan ummat Islam untuk mengisi keutamaan bulan Dzulhijjah tidak cuma terbatas amal ibadah yang wajib saja. Akan tetapi, amalan sunnah juga Penting Dilakukan selaku wasilah bertaqarub ke Allah SWT.

Untuk mengisi Peluang Baik bulan Dzulhijjah, ummat Islam dapat memperbanyak bersedekah, shalat sunnah atau membaca al-Quran dan amal saleh lainnya. Seluruh itu supaya kita meraih ridha dan rahmat Allah SWT. [Warta Sunda/in]









Source link

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement