-->

Header Menu

2 Anggota Parlemen Jepang Difabel Dilantik

author photo 3.8.19
TOKYO – Parlemen Jepang membuka sidang perdana kemarin dengan anggota majelis tinggi yang lebih bermacam.

Keragaman itu ditandai dengan hitungan total anggota wanita lebih banyak, 2 anggota difabel, dan anggota pria yang secara terbuka mengakui gay ke-1 kali. Semua anggota parlemen itu terpilih pada Pemilihan Umum bulan lalu.

Kaisar Naruhito yang baru naik takhta membacakan nama-nama anggota baru itu dalam upacara yang dihadiri para anggota parlemen. Para pekerja telah memindahkan kursi-kursi di majelis tinggi untuk memberi ruang bagi kursi roda milik 2 anggota difabel, Eiko Kimura dan Yasuhiko Funago yang pada Pemilihan Umum 21 Juli meraih kursi parlemen.

Kehadiran 2 anggota parlemen difabel itu merubah paradigma yang ada di Jepang selama ini karena biasanya orang-orang difabel selalu disembunyikan keluarganya. “Saya terkejut melihat amat banyak orang yang Datang,” kata Funago waktu matanya melihat sekelilingnya dan membaca beberapa surat dengan bahasa Jepang yang ada di depannya.

“Saya akan mencoba memenuhi harapan rakyat,” kata dia dilansir Reuters. Funago mengalami amyotrophic lateral sclerosis (ALS), yak ni penyakit progresif yang membikin dia kehilangan kontrol pada otot. Adapun Kimura mengalami cerebral palsy atau kelumpuhan otak. Keduanya maju dari oposisi Partai Reiwa Shinsengumi.

Untuk mengakomodasi anggota parlemen difabel, selain memindahkan beberapa kursi, majelis tinggi juga memindahkan tangga dan menambah per alatan listrik untuk perangkat medis serta PC. Otoritas juga membikin jalan sementara yang dibangun di pintu masuk Utama.

Para ahli difabel Mempublikasikan terpilihnya Kimura dan Funago Ialah Kemajuan besar, tapi masih Penting ada Pergantian lain waktu Jepang bersiap jadi tuan rumah Paralympic Games tahun yang akan datang sesudah Olimpiade. Warga dengan difabel fisik atau intelektual serta kelainan mental meliputi kisaran 8% dari total populasi Jepang.

Pemilihan Umum bulan lalu juga membawa 28 wanita ke parlemen, menambah hitungan total anggota wanita jadi 56 orang dari total 245 orang di majelis tinggi. Hitungan total anggota wanita sekarang mencapai 23% atau naik dari 21% sebelumnya.

Tetapi, di majelis rendah yang mempunyai wewenang lebih besar, wanita cuma mencapai 10% dari 465 anggota. Jikalau majelis tinggi dan majelis rendah digabungkan, wanita mencapai 14,5% dari seluruh anggota, masih di bawah rata-rata global 24,3% berdasar data Uni Antar-Parlemen.

Hadir dalam sidang perdana itu Taiga Ishikawa, anggota parlemen yang untuk ke-1 kali secara terbuka mengakui sebagai gay. Dia meraih kursi dengan sokongan dari Partai Konstitusional Demokratik Jepang, oposisi terbesar dinegara itu.

Partai tersebut selama ini mengusung slogan kampanye keragaman dan tidak segan mengangkat isu gay. Partai Liberal Demokratik yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Shinzo Abe dan mitra gabungan berkuasa Partai Komeito mengontrol kursi kebanyakan di Parlemen Jepang. (Syarifuddin)

(nfl)



Warta Batavia by alfiani wardah

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement