-->

Header Menu

Kupas Harga dan Spesifikasi Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

author photo 26.5.16
Toyota seakan tidak ingin melepaskan kesempatan untuk mendominasi penjualan mobil di Indonesia, setelah meluncurkan Toyota Sienta kini giliran mobil LCGC tujuh penumpang yang akan diluncurkan oleh pabrikan otomotif asal Jepang ini. Mobil yang merupakan "Adik Toyota Avanza" akhirnya diluncurkan juga pada 2 Agustus 2016 tepatnya beberapa hari menjelang ajang Gaikindo Indonesia Auto Show (GIIAS) 2016. Mobil ini dberi nama Toyota Calya. Kata Calya diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki artinya sempurna. Sedangkan kata Sigra juga diambil dari bahasa Sansekerta yang memiliki makna respons yang cepat.

Sedangkan untuk posisi mobil murah ini ada diantara Toyota Avanza yang ada dikelas low MPV dan Toyota Agya yang bermain di kelas LCGC.

Eksterior Toyota Calya

Desain
Kalo dilihat secara sekilas, tampilan wajah depan terlihat mirip dengan Vios atau Yaris yang memiliki ciri khas desain Keen Look. Bahasa desain ini pertama sekali diperkenalkan oleh Toyota lewat Auris. Desain velgnya two tone terlihat bagus dengan ukuran 14 inchi.

Biar lebih afdol, nih ada video first impression dari Autonetmagz



Bagian depan dari foto yang beredar, masih menggunakan emblem yang sama dengan Toyota Agya yaitu lambang Garuda. Selain itu Toyota Calya ini juga akan memiliki kembaran dari Daihatsu yang diberi nama Daihatsu Sigra. Sedangkan bagian samping terutama pada bagian belakangnya terkesan mirp dengan Innova terbaru. Selain itu, melakukan beberapa modifikasi Calya Sigra membuatnya tambah keren.

Toyota Calya Agya Indonesia

Pihak Toyota juga menyatakan bahwa produk Calya dan Sigra ini lebih kurang sama dengan Toyota Agya dan Ayla yang dipanjangkan sehingga memuat tujuh orang penumpang dewasa karena memiliki dimensi yang lebih panjang dari kompetitor. Sebelumnya mobil 7 penumpang buatan Daihatsu ini sudah terlebih dahulu diperkenalkan pada tahun sebelumnya yang masih berupa konsep di IIMS 2014 dan bahkan sudah diluncurkan juga Video Commercialnya yang beredar di Youtube dengan nama Daihatsu UFC-3.

Toyota Calya Agya Indonesia

Sepertinya tren mobil LCGC tujuh penumpang ini berangkat dari Datsun Go Panca dan Honda Mobilio yang juga memiliki basisi dari mobil LCGC. Namun untuk di Indonesia pasar mobil ini meningkat penjualannya karena harga yang murah serta daya angkut yang cocok dengan karakter orang Indonesia.

Komparasi Mesin Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go Panca

Toyota Calya menggunakan mesin yang memiliki kode 3NR DOHC, berkapasitas 1.2 liter dengan teknologi Dual VVT-i sehingga menghasilkan tenaga lebih besar sesuai dengan ukuran bodi mobil yang juga diperpanjang yaitu  mencapai 88 PS dengan torsi 10,8 Nm. Untuk transmisi hadir dalam hanya menggunakan 5 percepatan dan otomatis. Jika dibandingkan dengan datsun Go tentu lebih besar tenaganya, karena Datsun Go hanya mampu mengeluarkan daya 68 dk dan torsi 104 Nm.

Teknologi Dual VVT-i ini juga membuat konsumsi bahan bakar menjadi irit dan kompresi juga menjadi naik yaitu 11,5:1 sehingga tidak disarankan untuk menggunakan bahan bakar beroktan 88 atau premium.

Sedangkan Daihatsu Sigra menggunakan mesin baru 3NR-VE Dual VVT-i berkapasitas 1. 2 liter serta ditambah dengan pilihan mesin 1.0 liter berkode 1KR-FE 3 silinder dengan tenaga 67 PS dan torsi 8,7Nm. Mesin ini merupakan mesin yang sama dengan Toyota Agya/Daihatsu Ayla.

Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Alya


Fitur Utama atau Kelebihan Calya dan Sigra

Inilah Fitur-fitur utama yang terdapat pada Toyota Calya dan Daihatsu Sigra:

+ Fitur Dual airbags di depan sebagai standar pada Calya. Untuk Sigra dikabarkan hanya memiliki airbag hanya pada beberapa tipe saja.

Toyota Calya Agya Indonesia

+  Fitur immobilizer juga akan menjadi standar kelengkapan untuk Calya biar lebih aman dari tangan jahil alias maling.

+ Fitur Isofix untuk tempat duduk bayi dan juga seatbelt 3 titik pada semua jok dari depan hingga jok bagian belakang.

+ Terdapat sandaran tangan di bagian tengah jok depan, sehingga makin membuat nyaman dalam berkendara.

+ Fitur side impact beams untuk meminimalisir dampak dari benturan atau tabrakan dari samping.

+ Fitur ABS, berarti ini mobil LCGC pertama yang menggunakannya.

+ Ground Clearance lumayan tinggi yaitu 180 mm.

+ Rem tangan dengan model yang melebar dan mudah dioperasikan karena terletak di bagian tengah dibawah sandaran tangan.

+ AC double blower (kipas angin) yang menyalurkan angin AC dari blower depan sehinnga membuat ruang kabin makin dingin merata sampai ke baris belakang. Toyota menyebutnya dengan naman Rear Air Circulation. Idenya bagus juga sih, biar kinerja mesin gak terlalu berat.

+ Power Windows pada bagian keempat pintunya, dan juga terdapat tombol pengarurannya di bagian samping pengemudi untuk kesemua pintu.

+ Head unit Toyota Calya tipe tertinggi sudah dilengkapi dengan koneksi bluetooth.

+ Tuas persneling menyatu dengan dashboard sehingga ruang kaki kabin depan semakin luas.

+ MID tergolong lengkap dan mudah dibaca.

+ Penggerak Roda depan sehingga bisa membuat konsumsi BBM semakin irit.

+ Bangku baris kedua juga bisa digeser maju mundur, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penumpang.

+ Bangku baris kedua memiliki tiga buah head rest yang bisa diatur ketinggiannya sehingga membuat nyaman bagi para penumpang. Sedangkan di belakang juga terdapat dua buah headrest yang sama.

+ Bangku baris ketiga juga bisa digunakan untuk orang Dewasa dengan tinggi 170 cm.

+ One touch tumble untuk melipat baris kedua, sehingga memudahkan akses penumpang ke bagian belakang.

+ Ruang bagasi belakang bisa menampung 3 galon air plus barang, hal ini disebabkan karena bangku yang agak tipis sehingga ruang kabin menjadi sedikit lebih lega baik pada semua barisnya. Apalagi bangku baris ketiga dilipat bisa memuat kapasitas 500 liter lebih.

+ Ban cadangan menggunakan velg alloy wheel sama dengan velg standarnya, mantap kan?

Kekurangan
Ada kelebihan, tentunya ada beberapa kekurangannya, soalnya inikan "mobil murah". Yuk kita kupas juga seputar kekurangan duet mobil MPV LCGC Toyota Calya ini

-  Ukuran velg 14 inchi dan ini ukuran kecil untuk sebuah mobil MPV, karena nantinya akan diisi oleh 7 orang penumpang. Selain itu tidal terlihat proporsional dengan body mobil yang lumayan besar. Sebaiknya diganti dengan ukuran 15 inchi sehingga makin berbobot.

- Bahan material interior cukup tipis sehingga terkesan murahan dan mudah tergores, baik pada bagian dashboard dan door trim. Namun hal ini tertutup dengan kerapian pemasangannya.

- Headrest jok bagian depan menyatu dengan body jok, sehingga tidak bisa diatur ketinggiannya, membuat pengemudi tidak nyaman, khususnya yang memiliki tinggi lebih dari 170 cm.

- Untuk bahan bakarnya, disarankan menggunakan ron 99 atau sekelas pertamax. Tentunya cukup penting bagi konsumen, karena ron 99 merupakan BBM yang tergolong mahal untuk calon konsumennya.

- Peredaman masih belum terlalu bagus karena masih terdengar suara dari luar kabin.

- Tombol AC yang terlihat model lama alias jadul dan kurang sedap dipandang mata, menurut saya sih...hehe.

Tipe Toyota Calya
Menurut beberapa sumber, Toyota Calya akan hadir dalam dua tipe yaitu tipe E dan G dan juga pilihan manual dan otomatis.

Untuk tipe G, Toyota Calya memiliki kelengkapan yang sama dengan Toyota Agya, seperti head unit double din, Power Window, Speedometer dengan MID, eletric mirror. Sedangkan fitur keamanan juga dilengkapai dengan remote alarm, dual airbags dan plus dengan penambahan kursi ISOFIX di kursi belakang. Velg sudah mengguankan alloy berukuran 14 inci.

Toyota Calya Agya IndonesiaToyota Calya Agya Indonesia

Pada tipe E hanya dilengkapi power windows pada pintu depan saja, dual airbags, head unit single din, tanpa fog lamp dan electric mirror serta bagian velgk kaleng dengan dilapisi dop.

Perbedaaan Tipe Daihatsu Sigra D, M, X, dan R
Sigra hadir dalam 10 tipe, yang tentunya menjadi salah satu keuntungan buat konsumen dalam memilihnya terutama dalam masalah budget. Daihatsu membaginya dalam empat model yaitu D, M, X, dan R.

Brosur Daihatsu Sigra


Perbedaan utamanya adalah pada mesin, D dan M menggunakan mesin 3-silinder 1KR-VE 998cc dan hanya ada transmisi manual, sedangkan tipe X dan R memakai mesin baru 4-silinder 3NR-VE 1.197cc dengan pilihan manual dan otomatis.

Untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan tipe dan kelengkapan fitur pada Daihatsu Sigra:

Daihatsu Sigra tipe D
Bagian eksterior hadir dengan gril  dan bemper sewarna dengan bodinya, velg kaleng menggunakan ukuran 13 inci, kaca spion model biasa berwarna hitam, terdapat antena di bagia atap, dilengkap dengan garnish bagian belakang sewarna dengan bodinya. Selain itu juga dilengkapi dengan front air diffuser dan front stabilizer.

Beralih ke interior, bagian dashboard menggunakan warna two-tone, serta transmisi yang menyatu pada dashboard, handle pintu menggunakaa material yang sewarna interior. Jok depan menyatu dengan head rest, jok baris kedua menggunakan kombinasi pelipatan 60:40. Selain itu terdapat sun visor, rem tangan dan upper air ventilator. Jok menggunakan bahan material fabric. Fitur lainnya adalah door pocket, front shopping hook, rear quarter trim pocket, assist grip dan lampu kabin depan.

Tipe D ini dilengkapi dengan headunit 1 DIN (USB, AUX, radio) yang di padukan dengan dua buah speaker di bagian depan. AC single blower dan jok baris pertama dan kedua bisa di reclining dan di maju mudurkan. Fitur one touch tumble pada baris kedua. Fitur auto down power window pada bagian pengemudi serta auto light off.

Tipe terendah ini juga dilengkapi dengan electronic power steering (EPS), Side impact beam, seat belt untuk ketujuh penumpang, Fitur child proof door lock dan juga head rest pada jok baris kedua.

Daihatsu Sigra tipe M
Tipe M memiliki semua fitur pada tipe D, ditambah dengan:

Spion memiliki warna yang sam dengan body, Velg kaleng 14 inch dilengkapi dengan dop. Serta wiper untuk kaca belakang, Selain itu terdapat sonar pada bagian belakang.

Bagian interiornya terdapat lampu kabin belakang serta lampu speedometer berwarna putih terang dengan indikator ECO serta jam digital di speedometer. Terdapt Arm Rest di tengah baris jok baris pertama. Selain itu ada head unit Eksterior 1DIN  yang bisa memutar CD, MP3, AUX, USB dan radio serta ditambah dengan dua speaker pada bagian belakang.

Colokan power di kabin baris kedua, dan dilengkapi dengan door courtesy switch, pengingat pintu terbuka pada semua pintu, central door lock, wiper belakang otomatis dan immobilizer key, alarm plus keyless entry. Ada juga fitur rear air circulator  untuk menyalurkan udara dingin dari kabin depan ke bagian kabin belakang

Daihatsu Sigra tipe X
Tipe X memiliki semua fitur pada tipe M, ditambah dengan:

Bagian eksteriornya dilengkapi dengan side visor serta rear combi lamp with smoked lamp. Fitur hiburannya menggunakan headunit 2DIN yang bisa memutar CD, MP3, AUX, USB, Bluetooth dan radio.

Tambahan lain adalah fitur Dual SRS Airbag dan seat belt bagian depan dengan pretensioner dan force limiter. Pada tipe dengan transmisi otomatis ditawarkan sistem pengereman antilock braking system (ABS) dan shift lock.

Daihatsu Sigra tipe R
Tipe R memiliki semua fitur pada tipe X, ditambah dengan:

Bagian Grillnya dilengkapi krom, spion sudah dilengkapi dengan lampu sein dan pengaturan spion dari dalam, terdapat fog lamp dibalut dengan krom, velg alloy 14 inci, serta stabilizer pada bagian belakang.

Bagian cluster interior tengan diberi ornamen krom sepertibagian tombol AC dan power window, tuas pembuka pintu kabin, tuas rem parkir, tuas transmisi dan kemudi. Selain itu ada juga varity mirror di bagian jok depan

Daihatsu Sigra tipe R Deluxe
Tipe R Deluxe memiliki semua fitur pada tipe R, ditambah dengan:

Bagian eksterior dilengkapu dengan krom pada list kaca dan body sampingnya. Selain tiu terdapat garnish pintu belakang juga dibalut krom. Tampilan lebih sporty dengan adanya knalpot model muffler cutter. Untuk fitur keamanannya ditambah dengan front sensor corner


Harga Toyota Calya dan Daihatsu Sigra
Daihatsu Sigra akan langsung disiapkan untuk berhadapan dengan Datsun GO+ Panca dan Datsun Redi Go. Untuk harga, bisa jadi harga bisa bersaing dengan Datsun Go yang memiliki banderol paling murah 94 juta Rupiah. Daihatsu Sigra kemungkinan akan dibanderol dengan harga Rp106,6 juta hingga Rp148 juta.

+ Toyota Calya akan dibanderol mulai Rp 125 juta sampai Rp 149 jutaan. Berikut rincian lengkap harga Toyota Calya on the Road Jakarta:

- Toyota Calya Tipe E 1.2 MT STD Rp 129.650.000
- Toyota Calya Tipe E 1.2 MT Rp 132.450.000
- Toyota Calya Tipe E 1.2 AT Rp 145.450.000
- Toyota Calya Tipe G 1.2 MT Rp 138.000.000
- Toyota Calya Tipe G 1.2 AT Rp 150.000.000

Saat ini mobil murah tujuh penumpang ini sudah bisa di booking di dealer resmi Toyota dengan menyiakan dana sebesar 5 juta saja.

Beberapa dealer Toyota juga sudah mulai membuat estimasi cicilan terendah dengan uang muka 27 juta dan cicilan sekitar Rp 2,8 juta per bulan selama lima tahun khusus untuk Calya tipe E Manual yang dibanderol 129,2  juta. Dengan hitungan diatas biaya keseluruhannya hingga lunas bisa mencapai Rp 192,2 juta.

Menurut info yang beredar Toyota Calya akan diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 yang berlangsung pada tanggal 11 Agustus 2016 di ICE, BSD City, Tangerang.

Dibawah ini adalah harga resmi Daihatsu Sigra On the Road (OTR) Jakarta. Sigra hadir dengan 10 varian dari tipe terendah hingga tertinggi.

Sigra 1.0 D MT Rp 106.600.000
Sigra 1.0 M MT Rp 115.500.000
Sigra 1.2 X MT Rp 124.850.000
Sigra 1.2 X MT DLX Rp 130.350.000
Sigra 1.2 X AT Rp 137.650.000
Sigra 1.2 X AT DLX Rp 143.550.000
Sigra 1.2 R MT Rp 130.750.000
Sigra 1.2 R MT DLX Rp 134.550.000
Sigra 1.2 R AT Rp 143.550.000
Sigra 1.2 R AT DLX Rp 147.350.000

Untuk warnanya, Daihatsu memberikan 6 pilihan warna untuk konsumen. yaitu White, Black Solid, Silver Metallic, Dark Grey, Red Solid, Blue MSilver Metallic

Foto Daihatsu Sigra

Update foto Daihatsu Sigra terbaru yang disadur dari otomotif,net.com dan media otomotif lainnya


daihatsu sigra



Sepertinya ini foto diambil dari sebuah brosur. :). Tampangnya mirip dengan xenia, dengan grill besar . Sedangkan fog lamp terlihat tajam dan terkesan sporty.


Penampakan jok baris depan hingga ke belakang, Ukuran lebar kabinnya juga lebih memadai dari LCGC lainnya yaitu kabin di kursi depan 720 mm, kursi baris kedua 690 mm serta kursi baris ketiga dengan luas 640 mm.


Keren juga ya tampilannya, perpaduan Xenia dan Innova? terutama pada bagian samping dan pilar kaca belakang.


Daihatsu Sigra

Dashboardnya dengan warna two tone, hitam dan krem serta tuas transmisi menyatu dengan dashboard. foto: otodriver.com



Tampak belakang masih dengan ciri lampu bergaya ala reflektor. tapi agak sedikit maksa kesannya. hehe. Emblem Sigra pada bagian bawah dan terlihat juga logo VVT-i.

Ini dia tambahan video ulasan first impression tentang daihatsu sigra yang diambil dari otodriver.com:


Komparasi Dimensi Calya / Sigra dengan GO+ Panca

Datsun GO+ Panca merupakan pesaing yang sesuai dengan segmen LCGC murah ini karena memiliki kombinasi tujuh penumpang, meskipun bangku belakang baris ketiga hanya cocok untuk anak-anak saja. Sedangkan untuk Calya dan Sigra memiliki luas yang lebih baik dari Go+ Panca.


Toyota Calya Agya dan Daihatsu Sigra Alya

Dari table diatas bisa terlihat bahwa Toyota Calya/Daihatsu Sigra memiliki dimensi yang lebih baik, baik untuk legroom dan headroom sehingga tentunya hal ini menjadi pertimbangan konsumen untuk memilih diantara kedua mobil murah berkapasitas 7 penumpang ini.


Toyota Calya Agya Indonesia

Perbedaan Toyota Calya dan Daihatsu Sigra

Meskipun memiliki basis yang sama tentunya ada beberapa perbedaan pada kedua mobil LCGC tujuh penumpang ini, Autoreviewmobil akan mencoba mejbarkan secara detail perbedaan keduanya terutama pada bagian eksteriornya.



Eksterior

+ Meskipun memiliki grill yang sama di bagian atas depan memanjang hingga ke bagian lampu utama, perbedaan mencolok terlihat pada bagian fog lamp. Calya dengan model fog lamp tegak keatas, sedangkan Sigra melebar kesamping.

+ Model grill tengah juga berbeda, Calya dengan desain "ken look" Toyotanya , kecil diatas, lebar dibawahnya, yang sekilas terlihat seperti Yaris. Sedangkan Sigra dengan  model terbalik.

+ Logo pada emlem tentu jelas berbeda, Calya masih setia dengan logo Garuda yang sama digunakan pada Agya, sedangkan Sigra menggunakan logo baru dengan bentuk huruf S.

+ Velg pada Calya dan Sigra sama-sama memiliki warna two-tone dan palang delapan yang berbeda pada modelnya saja. Calya dengan model lurus, Sigra dengan model Kipas.

Fitur

+ Toyota Calya pada Jok baris kedua dilengkapi dengan headrest bagian tengah yang bisa diatur. Sigra tidak dilengkapi hanya standar saja yaitu headrest kiri dan kanan.

+ Toyota Calya juga sudah memiliki fitur ISOFIX yang bisa berfungsi untuk menyematkan child seat untuk bayi. Sementara Sigra tidak dilengkapi dengan fitur ini.


+ Daihatsu Sigra dilengkapi dengan corner sensor dua titik yang berfungsi menjaga jarak dengan objek di depannya. Sedangkan Calya tidak ada.

Konsumsi Bahan Bakar (BBM) Daihatsu Sigra

Berikut hasil test bahan bakar Daihatsu Sigra yang ane rangkum dari beberapa media otomotif sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih mobil:

+ Carvaganza.com: Menggunakan Daihatsu Sigra Tipe R 1.2 liter bisa menempuh 19 km/liter dengan rute dari BSD Tangerang hingga Sentul dengan kondisi jalan toll lancar, tidak disebutkan apakah menggunakan transmisi Manual atau otomatis. Dengan penumpang 4 orang dewasa.



+ Otodriver, Om Eri Fitra rute gerbang toll BSD - Sentul dengan kondisi toll lancar, kecepatan 80 km per jam konstan dengan gigi 5  mendapatkan konsumsi BBM versi MID 23,4 km/liter.

+ Otomania, Daihatsu Sigra (tidak disebutkan MT atau AT) dengan rute jalan kombinasi toll, macet, stop and go dari BSD - Sentul City berjarak 67,7 km bisa mendapatkan konsumsi BBM 17,1 kpl.

+ Kompas Otomotif menjajak Sigra R Deluxe transmisi dengan jarak tempuh 200 km dengan kondisi jalan beragam antara toll, macet, stop and go bisa menghasilkan 14 km untuk 1 liter BBM.

Uji coba Tujuh penumpang pada Sigra dan Calya

Banyak konsumen yang meragukan kemampuan Calya atau Sigra jika diisi dengan muatan penuh yaitu tujuh penumpang dewasa + 3  galon air, beberapa media otomotif akhirnya melakukan uji coba dan dari hasil tersebut bisa terlihat bahwa suspensi terlihat "amblas "atau overload, karena hanya menyisakan jarak beberapa 1-2 cm dari fendernya terutama pada bagian belakang.

Setelah diisi penuh, Calya pun diuji melewati tanjakan dan diajak berkeliling area perkantoran dengan kecepatan 25 km/jam. Hasilnya adalah mobil sangat berasa gunjangannya dan terdenganr bunyi "jeduk" pada saat melewati polisi tidur, sedangkan pada saat menanjak beberapa kali ban depan spin, namun masih kuat untuk menanjak.

Sepertinya kondisi dengan 7 penumpang dan 3 galon atau muatan penuh juga jarang sih terjadi pada kenyataannya, karena umumnya hanya diisi dengan 7 orang penuh dengan jarak tempuh yang dekat.

Namun pihak Toyota ataupun Daihatsu menyatakan bahwa kondisi seperti ini masih aman.

Biaya Servis Perawatan Toyota Calya

Salah satu pertimbangan calon konsumen saat membeli mobil selain harga tentunya dalah adalah biaya perawatan atau servis berkala yang murah. Nah, agar lebih mantap dengan pilihan Anda berikut seputar informasi berapa biaya perawatan berkala Toyota Calya dari 1.000 km hingga 60.000 km. Oh iya, data ini hanya berlaku untuk dealer Jabodetabek saja. Untuk daerah lain mungkin akan sedikit berbeda:

Toyota Calya Transmisi Manual

1. Servis berkala 10.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

2 Servis 20.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

3. Servis 30.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

4. Servis 40.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight, Brake Fluid DOT3, Air Cleaner dengan biaya berkisar Rp 621.000.

5. Servis 50.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

6 Servis 50.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight (+JASA) dengan biaya berkisar Rp 767.250.

Jadi total untuk biaya servis berkala Calya M/T hingga 60 km sekitar Rp 2.972.000.


Toyota Calya Transmisi Otomatis

1. Servis berkala 10.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

2.Servis berkala 20.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

3. Servis berkala 30.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

4. Servis berkala 40.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight, Brake Fluid DOT3, Air Cleaner, Oli Transmisi dengan biaya berkisar Rp 842.000.

5. Servis berkala 50.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight dengan biaya berkisar Rp 396.000.

Servis berkala 60.000 km yang perlu di ganti adalah : Oli, Filter Oli, Gasket, Balance Weight (+JASA) dengan biaya berkisar Rp 767.250.

Jadi total untuk biaya perawatan berkala dengan transmisi otomatis sekitar Rp 3.179.250

Note: Biaya servis berkala terlihat murah karena Toyota memberikan gratis jasa servis berkala hingga 50 ribu km atau 3 tahun, mana yang tercapai lebih dahulu.

So, jangan lupa untuk terus pantangain blog ini ya gan, karena akan ada update terbaru seputar Calya dan Sigra. Eits... baca juga disini nih seputar keluhan pengguna Calya dan Sigra serta solusinya.

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement