-->

Header Menu

Perjalanan HP Nokia di Kancah Smartphone Baru-baru ini

author photo 2.3.15
Sebelum Android dan iOS merajalela di pasar ponsel, salah satu yang hampir dimiliki semua orang adalah HP Nokia. Ponsel ini merupakan sebuah produk dari bagian teknologi telekomunikasi dari perusahaan yang ada di Finlandia dan berdiri sejak tahun 1865 dan baru mulai memproduksi barang-barang telekomunikasi pada tahun 1967.

Jenis HP Nokia Terkenal, Android, Hingga yang Terbaru dan Spesifikasinya


Hp Nokia

Yang dulu sempat heboh di kalangan anak muda yang hobi bermain game adalah Hp Nokia jenis N-Gage dan N-Gage QD. Pada masa itu, teknologi telekomunikasi hanya dikuasai oleh GSM, jadi tidak ada fitur Wi-Fi yang terpasang pada dua ponsel yang dibuat untuk gaming tersebut. Ukuran layar pada baik N-Gage maupun N-Gage QD adalah 2,1 inci dengan resolusi maksimum 176 x 208 piksel, yang berarti kedalaman pikselnya adalah sekitar 130 piksel pada setiap inci layarnya yang terjebak pada layar TFT dengan jumlah warna sebanyak 4096.

Mengingat ini adalah sebuah ponsel gaming, tentu saja ada sebuah media penggerak arah, dan pada N-Gage biasa ada sebuah controller 5 arah dan pada QD 4 arah. Media penyimpanan di ponsel ini juga cukup besar untuk masa itu, yaitu internal sebesar 3,4 MB dan bisa dibantu menggunakan MMC. Perbedaan ponsel gaming ini selain pada bentuk adalah baterai yang digunakan, dimana N-Gage menggunakan Li-Ion 850 mAh dan QD Li-Ion 1070 mAh. Harga HP Nokia N-Gage pada saat rilis adalah sekitar hampir 2 jutaan.

Seiring tahun berjalan, mulai muncul ponsel-ponsel pintar dengan sistem operasi Android maupun iOS. Kemunculan ini membuat sistem operasi Symbian mulai ditinggalkan oleh orang-orang, dan dengan itu ditinggalkan juga ponsel Nokia yang sudah berumur seiring dengan ponsel-ponsel lain juga mulai menganut sistem operasi baru ini. Hal ini sempat membuat Nokia hilang dari pasaran, tapi kemudian pada tahun 2011 Nokia memutuskan untuk membuat sebuah kerjasama dengan Microsoft, dengan ide bahwa Microsoft akan sangat terbantu mengingat nama Nokia yang saat itu masih lumayan terkenal di kalangan masyarakat banyak. Namun nanti yang terjadi malah sebaliknya.

HP Nokia terbaru yang dikeluarkan adalah Nokia Lumia 730, Lumia 735, dan Lumia 830 yang semuanya diumumkan pada tanggal 4 September 2014. Seluruh ponsel tadi berjalan menggunakan sistem operasi Windows Phone 8.1 dan semuanya memiliki prosesor 4 core yang kecepatan clocknya mencapai 1,2 GHz. Ketiga ponsel tadi juga memiliki ukuran layar paling tidak 4,7 inci dan resolusi 720 x 1280 piksel.

Hp Nokia Android

Pada bulan Februari 2014, Nokia merilis sebuah seri HP Nokia Android yang diberi nama Nokia X. Nokia X sebenarnya tidak secara murni berjalan di atas platform Android, tapi ia menggunakan sebuah sistem operasi yang Android yang sudah dimodifikasi sedemikian hingga agar menyerupai perangkat-perangkat Lumia yang lainnya. Bukan hanya tidak lagi berbentuk seperti Android, perangkat ini tidak memiliki akses ke Google Play.

Seiring berjalannya waktu, harga HP Nokia lama terus turun bahkan harga secondnya, meski begitu perangkat-perangkat baru seperti Lumia dan X tetap bisa mempertahankan harganya di angka 2 jutaan paling murah hingga yang paling tinggi yaitu sekitar 9 jutaan. Harga yang tinggi ini dimaklumi oleh banyak orang terutama jika mau melihat kameranya yang rata-rata memiliki resolusi amat tinggi jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel sejenisnya. Yang pasti adalah hingga saat ini, perusahaan asal Finlandia ini tetap bisa berdiri meskipun telah bergabung dengan Microsoft menggunakan Hp Nokia.

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement