-->

Type something and hit enter

By On
Ketika hampir seluruh produsen ponsel terfokus pada pembuatan ponsel pintar baru di akhir 2011, Nokia memberikan keputusan tak biasa dengan meluncurkan Nokia X2-02 yang bukan merupakan sebuah ponsel pintar. Sebenarnya pada pertengahan tahun tersebut Nokia memang sudah menjalin kerjasama dengan Windows untuk membuat sebuah proyek yang sempat menjadi rencana mereka untuk menghantam Google, tapi pada saat itu ternyata proyek Lumia belum begitu sempurna.

Ulasan Singkat Spesifikasi dan Harga dari Nokia X2-02


Nokia X2-02

Nokia X2-02 merupakan sebuah ponsel biasa yang merupakan bagian dari lini seri X milik Nokia yang pertama kali diproduksi pada tahun 2009. Tujuan awal dibuatnya seri X ini adalah sebagai penerus ponsel generasi sebelumnya, yaitu seri XpressMusic yang pada saat itu dibuat untuk menangkal perkembangan seri Walkman milik Sony Ericsson. Seri X sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu yang menggunakan sistem operasi Series 40 (atau S40) dimulai dengan X1-00 hingga X3-02 yang juga dikenal dengan Nokia X3 Touch and Type, dan mereka yang menggunakan sistem operasi Symbian seperti Nokia X5 hingga Nokia X7. HP Nokia X2-02 tergabung dalam seri yang menggunakan S40 sebagai sistem operasinya.

X2-02 merupakan sebuah ponsel yang low-cost tapi memiliki kemampuan untuk memainkan lagu dan memutar berbagai macam musik dari radio dengan antena internal yang dimilikinya, mengingat seri X adalah penerus spiritual dari Xpress Music yang fokus pada media musik dan sejenisnya. Ketika pertama kali dirilis di Indonesia sekitar akhir tahun 2011 hingga awal 2012, Nokia X2-02 harga pasarnya berada pada kisaran 760 ribuan, sebuah harga yang amat sangat murah jika dibandingkan dengan ponsel-ponsel pintar yang pada saat itu sudah mulai bermunculan satu dan lainnya.

Nokia X2-02

Ponsel dengan baterai Li-Ion yang memiliki talk time selama hampir 10 jam maksimum dan waktu siaga selama 443 jam ini memiliki bentuk candybar yang pada masanya masih merajai bentuk-bentuk ponsel di dunia. Tidak seperti ponsel-ponsel yang ada di pasaran ketika ia dirilis, X2-02 tidak memiliki fasilitas layar sentuh, tapi ia masih menggunakan papan ketik ponsel di era sebelumnya, yaitu tombol 1-9, logo bintang, dan pagar. Ia juga masih menggunakan tombol navigasi dan total 4 tombol di sisi kiri dan kanannya.

Sebagai ponsel yang terhitung murah, spesifikasi Nokia X2-02 bisa dibilang cukup sepadan dengan apa yang dibayarkan. Karena absennya sistem operasi Android pada ponsel ini, maka RAM sebesar 32 megabyte yang terpasang pada perangkat dengan layar sebesar 2,2 inci dan resolusinya 240 x 320 ini sudah lebih dari cukup. Memori penyimpanan bawaan dari ponsel ini bisa dibilang cukup kecil, yaitu hanya 10 MB yang bisa ditambahkan dengan menggunakan microSD sampai 32 GB. Untuk kamera, ponsel ini tidak mau kalah dengan ponsel-ponsel di eranya karena ia memasangkan sebuah kamera dengan resolusi 2 megapiksel yang mampu mengambil gambar dengan resolusi maksimum 1600 x 1200 piksel.

Adapun fitur tambahan yang dimiliki oleh ponsel ini adalah kemampuannya memutar lagu-lagu dari radio FM dengan menggunakan antena yang sudah terpasang, dan penggunaan microUSB untuk memasukkan lagu dari komputer atau semacamnya. Untuk penjelajah web, ponsel murah ini dipersenjatai dengan penjelajah yang mampu membaca situs yang menggunakan bahasa WAP 2.0/xHTML, HTML biasa, hingga yang menggunakan Adobe Flash Lite. Ponsel ini sebenarnya bisa menjadi sebuah gebrakan baru yang dibuat oleh Nokia, karena ketika semua orang sibuk dengan layar sentuhnya, Nokia masih berhasil melahirkan anak baru yang diberi nama Nokia X2-02.

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...

Click to comment