-->

Header Menu

Aplikasi BBM untuk Pengguna Android dan iOS

author photo 26.2.15
Ketika BlackBerry sempat merajai pasar ponsel pintar Indonesia, hampir semua orang memiliki akun di aplikasi BBM. Aplikasi ini lalu menjadi rajanya aplikasi chatting di dunia, mengalahkan WhatsApp dan beberapa aplikasi chatting lainnya yang pernah ada.

Tentang Aplikasi BBM


Aplikasi Bbm

Aplikasi BBM dibuat oleh perusahaan yang sama dengan yang memproduksi BlackBerry pada masa itu, yaitu Research in Motion (RIM) yang sekarang telah menjadi BlackBerry Limited. Jika pada aplikasi chat lain pengguna bisa menambahkan satu sama lain menggunakan nama pengguna atau nomor ponsel, maka pada BlackBerry Messenger yang digunakan adalah sistem PIN BlackBerry. Hingga akhir tahun 2013, penggunaan BlackBerry Messenger tidak lagi eksklusif kepada pemegang perangkat BlackBerry menyusul dirilisnya aplikasi BBM untuk Android.

Kebanyakan pengguna BlackBerry di Indonesia baru mulai menggunakan aplikasi ini ketika ia mencapai versi ke-6 yang dirilis sekitar Agustus 2009. Pada saat itu, aplikasi ini sudah bisa mengaplikasikan penggantian nama, fitur pengiriman kembali pesan, dan display picture yang bisa bergerak. Di masa itu, untuk menggunakan jasa aplikasi pengiriman pesan ini seseorang harus berlangganan paket data BlackBerry. Pada 11 Maret 2010, jauh sebelum ada aplikasi BBM for Android, RIM memutuskan untuk membuat versi baru aplikasi tukar pesan ini yang kini mampu membuat pengguna bertukar pesan suara dan menggunakan banyak jenis emotikon.

Pada sekitar tahun 2011, ponsel pintar dengan platform iOS maupun Android mulai menyerang pasar. Di saat itu juga BlackBerry mulai kehilangan gripnya di pasar, dan orang-orang mulai meninggalkan jasa aplikasi tukar pesan milik mereka dikarenakan untuk menggunakannya mereka harus membayar tarif yang berbeda lagi, bukan hanya tarif internet sementara pada Android ada banyak aplikasi tukar pesan yang tersedia dan bisa digunakan hanya dengan paket internet saja. Melihat kemunduran mereka tiap tahunnya, akhirnya pada tahun 2013 mereka memutuskan untuk mengeluarkan aplikasi BBM Android dan iOS yang dirilis sekitar bulan September.

Aplikasi Bbm

Perilisan pertama BlackBerry Messenger untuk Android dan iOS ini sempat mengalami masalah yang membuatnya ditarik dari peredaran sebelum akhirnya kembali dirilis pada tanggal 21 Oktober 2013. Tidak lama setelahnya, pihak BlackBerry memberikan perbaruan pada aplikasi ini untuk memperbaiki beberapa bug dan mengoptimalisasi penggunaan aplikasi ini untuk ponsel-ponsel Android maupun iOS lainnya. Pada titik ini, aplikasi BlackBerry Messenger sudah bisa ditemukan melalui Google Play ataupun AppStore milik Apple. Yang menjadi masalah adalah banyak pengembang-pengembang tak bertanggung jawab yang menggunakan kesempatan ini untuk melakukan phishing, dimana mereka akan membuat sebuah aplikasi palsu dengan nama BBM atau yang mirip-mirip dengan itu, lalu ketika dipasangkan pada sebuah perangkat Android, akan memberi spyware atau dengan cara yang lebih terang-terangan, yaitu meminta data rahasia lewat aplikasi. Perlu diwaspadai bahwa BBM yang asli hanya di-develop oleh BlackBerry Ltd. dan cara meng-installnya pun mudah, pengguna hanya perlu menuju ke Google Play Store dan AppStore.

Aplikasi Bbm

Pada tanggal 13 Februari 2014, aplikasi ini mengalami perbaruan besar-besaran yang menaikkan versinya menjadi BBM 2.0. Perbaruan yang terjadi antara lain penambahan fitur BBM Voice yang memungkinkan pengguna melakukan komunikasi lewat telpon secara gratis, BBM Channel yang menghubungkan antara bisnis, komunitas, dan pengguna BBM, serta 100 emotikon baru. Perbaruan yang paling terkini terjadi pada bulan November 2014 yang membuat aplikasinya menjadi versi 2.5 dimana perbaruan ini memberikan pengguna opsi untuk “retract”, yaitu fitur untuk menarik pesan yang telah dikirim seseorang, memberikan pengalaman yang lebih baik bagi para pengguna Android dan iOS ketika menggunakan aplikasi BBM.

This post have 0 komentar

Terima kasih kunjungannya, silahkan berkomentar...
:) :( hihi :-) :D =D :-d ;( ;-( @-) :P :o -_- (o) :p :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ $-) (y) (f) x-) (k) (h) cheer lol rock angry @@ :ng pin poop :* :v 100

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement